PASTI PENASARAN! 5 Hal Aneh di Tol Cisumdawu, Jalan Terputus di Cipamekar Sampai Digali dan Ditimbun, Ternyata

PASTI PENASARAN! 5 Hal Aneh di Tol Cisumdawu, Jalan Terputus di Cipamekar Sampai Digali dan Ditimbun, Ternyata

Sedikitnya ada 5 hal aneh yang bisa ditemukan di Jalan Tol Cisumdawu.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Cisumdawu hingga kini masih dalam pengerjaan untuk memenuhi target selesai pada Maret 2023.

Tetapi, pekerjaan Jalan Tol Cisumdawu tidak mudah, karena berhadapan dengan medan yang begitu sulit dan segala macam keanehannya.

Meski hanya 62 kilometer panjangnya dari Bandung ke Majalengka, tetapi banyak ditemukan kesulitan dari sisi medan dan struktur tanah.

Bahkan banyak ditemukan hal aneh di Tol Cisumdawu baik yang berupa kendala dari sisi alam, hingga yang menjadi daya tarik dari jalan tol terindah di Indonesia itu.

BACA JUGA:Mulai 7 Februari Polres Majalengka akan Tindak 7 Jenis Pelanggaran

Dari pantauan visual hingga rencana yang akan dikerjakan, beberapa hal aneh tersebut mungkin tidak ditemukan di jalan tol lainnya.

Bahkan, Tol Cisumdawu adalah satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki terowongan kembar atau twin tunnel yang berada di antara Seksi 1 sampai dengan 3.

Berikut adalah beberapa hal aneh yang ditemukan di Tol Cisumdawu sekaligus menjadi daya tarik.

1. Jembatan Kedondong

Ini adalah jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu, dengan panjangnya mencapai 743,5 meter yang berada di Seksi 5B Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:Jalan Longsor Belum Diperbaiki, Warga Bangun Pos Gatur Hindari Kecelakaan

Lalu, apa yang aneh dengan jembatan ini? Rupanya, Jembatan Kedondong tidak dibangun di atas sungai. Melainkan berada di atas struktur tanah yang labil.

Karena kondisi tersebut, akhirnya dilakukan pembuatan jembatan dengan pier head sebagai penyangga dari balok girder untuk kemudian dilakukan pembetonan untuk lantai jembatan atau akses jalan di atasnya.

2. Jalan Terputus di Cipamekar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: