SIAP-SIAP KECEWA Gagal Mudik Lewat Tol Cisumdawu, Lihat Banyak Jalan yang Masih Tanah, Jembatan Belum Nyambung

SIAP-SIAP KECEWA Gagal Mudik Lewat Tol Cisumdawu, Lihat Banyak Jalan yang Masih Tanah, Jembatan Belum Nyambung

Tol Cisumdawu dikejar target selesai untuk mudik lebaran 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Bagi yang memiliki ekspektasi Tol Cisumdawu selesai Februari 2023 ataupun digunakan untuk mudik lebaran, tentu juga harus siap-siap kecewa.

Pasalnya, akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan hingga kini masih berkejaran dengan waktu untuk dapat rampung pada Maret 2023 dan dipakai untuk mudik lebaran.

Target tersebut sempat diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di DPR RI, pada pertengahan Januari.

Menurut Menteri Basuki, Tol Cisumdawu diharapkan sudah tersambung 100 persen pada akhir Februari atau setidaknya awal Maret 2023.

BACA JUGA:DILEMBUR SIANG MALAM, Tol Cisumdawu Masih 23,10 Km Belum Selesai, Target Mundur Lagi? Majalengka Sabar Ya!

Menteri Basuki mengungkapkan, akses jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer sangat penting untuk kelancaran akses Bandung ke Majalengka.

Juga untuk perkembangan perokonomian di wilah Ciayumajakuning atau Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Tidak kalah penting adalah Tol Cisumdawu menjadi akses yang mendukung optimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini kita bisa operasikan secara total akhir Februari atau awal Maret," kata Menteri Basuki, belum lama ini.

BACA JUGA:6 Desa Tertinggi di Majalengka, Hampir di Tengah Gunung Ciremai, Pemandangan Mirip di Sherpa Nepal

Diungkapkan Menteri Basuki, pihaknya akan berupaya agar jalan tol ini dapat selesai Februari. Meski pihak pengelola yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) meminta Maret 2023.

"Mereka mintanya Maret, tapi saya upayakan akhir Februari bisa beroperasi secara tuntas," kata Basuki, terkait target penyelesaian itu.

Seperti diketahui, pada proyeksi dari PT CKJT, target penyelesaian Tol Cisumdawu adalah Maret 2023. Dengan selesai di waktu tersebut, diharapkan dapat digunakan untuk arus mudik dan balik.

Kendati demikian, target dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sepertinya lebih realistis yakni pada Kuarta I 2023 atau setidaknya bulan Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: