6 Desa Tertinggi di Majalengka, Hampir di Tengah Gunung Ciremai, Pemandangan Mirip di Sherpa Nepal

6 Desa Tertinggi di Majalengka, Hampir di Tengah Gunung Ciremai, Pemandangan Mirip di Sherpa Nepal

Desa tertinggi di Majalengka adalah Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura. -Wisata Indonesia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - MAJALENGKA adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki kontur alam unik yakni dataran rendah di bagian utara dan tinggi di tengah hingga selatan.

Bahkan 36,97 persen dari luas Kabupaten Majalengka yang mencapai 1.204 kilometer persegi, berada di kawasan dataran tinggi atau pegunungan.

Menariknya, ada beberapa desa berpenghuni yang memiliki ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut. Karenanya, suhu udara di kawasan ini sangat sejuk dan kerap berkabut.

Setidaknya ada 6 desa di Kabupaten Majalengka yang berada di dataran tinggi atau tertinggi di Kota Angin. Kondisi geografis tersebut juga memberikan panorama yang menakjubkan.

BACA JUGA:10 Desa Terindah di Majalengka, Ada yang Dibandingkan dengan Bali

Karenanya, tidak heran kalau Kabupaten Majalengka saat ini menjadi destinasi wisata alam favorit dari masyarakat di wilayah III Cirebon, juga yang berasal dari luar kota. 

Berikut adalah daftar desa tertinggi di Kabupaten Majalengka:

1. Desa Cipulus

Wilayahnya berada di Kecamatan Cikijing ini memiliki luas wilayah sekitar 3,45 km². Desa ini merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 1.269 mdpl.

Menurut data sensus tahun 2020, jumlah penduduk desanya ada 2.577 jiwa. Mereka menetap di tiga dusun. Salah satu ikon destinasi yang terdapat di desa ini adalah Bukit Kanaga.

Bukit Kanaga ini tersohor akan keindahan hamparan hutan pinusnya. Maka tak heran, jika pesona dari keasrian dan kesejukan udaranya itu kerap dikunjungi wisatawan untuk dijadikan tempat camping atau sebatas rekreasi.

BACA JUGA:TANAH LABIL Jadi Kendala Tol Cisumdawu, Masih Belum Terhubung ke Majalengka, Ada Kendala Ini

2. Tejamulya

Desa Tejamulya adalah permukiman yang letaknya berada di Kecamatan Argapura dengan memiliki luas wilayah sekitar 3,16 km² ini berdiri di atas dataran tinggi 1.309 mdpl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: