JUNCTION GEDEBAGE, Titik Awal Tol Getaci yang Hanya 1 Jam Saja dari Majalengka via Tol Cisumdawu

JUNCTION GEDEBAGE, Titik Awal Tol Getaci yang Hanya 1 Jam Saja dari Majalengka via Tol Cisumdawu

Kawasan Tol Padaleunyi di sekitaran Gedebage, Tol Getaci akan terhubung dengan Tol Padaleunyi lewat Junction Gedebage, Kota Bandung.-Iding Sobarna/Ist-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Junction Gedebage akan menjadi titik awal dari Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap atau Tol Getaci.

Menariknya, Tol Getaci nantinya akan terhubung dengan Jaringan Tol Jawa Barat via Tol Padalarang Cileunyi atau Padaleunyi. Untuk warga Kabupaten Majalengka, mengakses Tol Getaci juga nantinya akan sangat mudah dan tidak terlalu jauh.

Pasalnya, nantinya ada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu yang terhubung ke Tol Padaleunyi.

Praktis perjalanan dari Kabupaten Majalengka ke titik awal Tol Getaci ini, hanya akan memakan waktu kurang lebih 1 jam saja.

BACA JUGA:Jalan Tol Tertua di Indonesia, Ternyata Ada di Lokasi Ini, Pernah Lewat?

Tentu saja keberadaan Tol Getaci akan menghadirkan alternatif baru bagi warga Kabupaten Majalengka di sebelah utara untuk bepergian ke Tasikmalaya.

Sebab, saat ini perjalanan Majalengka dari sekitar Kadipaten ke Tasikmalaya butuh waktu hingga lebih dari 3 jam.

Meski memutar lewat Bandung, tetapi perjalanan via Tol Getaci ini bisa menjadi alternatif untuk menuju ke Tasikmalaya dan sekitarnya.

Apalagi bila nanti semua akses tol tersebut berjalan sesuai rencana yakni selesai pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:TERKINI! Tol Cisumdawu Hampir Selesai, Siap Dipakai Mudik Lebaran 2023

Sebagai informasi, Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: