PENAMPAKAN TERKINI Tol Cisumdawu, Semakin Terlihat Perkembangannya, Lebaran Dipakai Mudik

PENAMPAKAN TERKINI Tol Cisumdawu, Semakin Terlihat Perkembangannya, Lebaran Dipakai Mudik

Kondisi terkini Tol Cisumdawu yang ditargetkan rampung dan dipakai mudik lebaran 2023.-Mr Amar/Ist-radarmajalengka.com

Tentunya, keberadaan Tol Cisumdawu akan sangat menunjang akses lalu lintas baik mudik dan arus balik. Sebab, akan memudahkan masyarakat dari arah Bandung ke Majalengka, Cirebon dan Jawa Tengah.

BACA JUGA:HORE! Tol Cisumdawu Beroperasi, Mudik Lebaran Lewat Tol Masih Gratis

Apalagi, jalan tol sepanjang 62 kilometer itu, bakal mempercepat waktu tempuh dari Bandung ke Majalengka hanya 45 menit saja. Atau kurang lebih 1 jam ke Cirebon. 

Karena itu, pekerjaan fisik di Tol Cisumdawu saat ini masih terus dikebut. Apalagi di Seksi 4 dan 5 yang berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Terbukanya kemungkinan Tol Cisumdawu beroperasi untuk mudik disampaikan Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian saat melakukan pemantauan kesiapan Jalur Pantura Cirebon, Kamis, 2, Februari 2023.

Hedy menyampaikan, Tol Cisumdawu menilik progres saat ini, susah beroperasi secara fungsional saat pelaksanaan mudik dan arus balik Idul Fitri.

BACA JUGA:Mengenal Marcel Sabitzer Rekrutan Baru Manchester United, Setan Merah Panik?

"Kemungkinan besar Tol Cisumdawu sudah beroperasi secara fungsional. Jadi ini akan kita koordinasikan dengan Korlantas nanti," kata Hedy, kepada radarmajalengka.com di Mapolresta Cirebon.

Disampaikan Hedy, koordinasi terkait Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional saat mudik nanti, diperlukan karena akan adanya perubahan pattern lalu lintas.

"Ini perlu kita koordinasikan dengan Korlantas Polri, karena Tol Cisumdawu ini akan mengubah pattern lalu lintas," kata Hedy.

Pattern yang dimaksud adalah perubahan perjalanan masyarakat dari Bandung ke arah Cirebon dan Jawa Tengah. Saat ini, pengendara biasa menggunakan Tol Cipularang lalu ke Tol Cikopo Palimanan.

BACA JUGA:NGOPI DI TENGAH HUTAN, Ada Marlina Kopi di Lemah Putih Majalengka, Artis Sering Datang

Tetapi dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, tentu akan berubah yakni, dari arah Bandung akan melintasi Tol Cisumdawu. Juga ada pertemuan dengan lalu lintas Tol Cipali di Km 152.

Km 152 yang terdapat Junction Dawuan Majalengka, akan menjadi titik sentral baru, karena menjadi titik temu lalu lintas Tol Cipali dari arah Jakarta dan dari arah Bandung via Tol Cisumdawu dan keluar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Demikian progres dan penampakan visual terkini Tol Cisumdawu yang ditargetkan selesai untuk mudik lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: