SUNGGUH ANEH TAPI NYATA, Jembatan Kedondong Terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu, di Bawahnya Tidak Ada Sungai

SUNGGUH ANEH TAPI NYATA, Jembatan Kedondong Terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu, di Bawahnya Tidak Ada Sungai

Jembatan Kedondong adalah yang terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu, Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jembatan Kedondong yang terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi SUMEDANG Dawuan, tidak dibangun di atas jembatan.

Ada pertimbangan teknis mengapa di daerah Kecamatan Conggeang atau Seksi 5 Tol Cisumdawu dibangun Jembatan Kedondong meski tidak ada sungai lebar mengalir di bawahnya.

Rupanya, area yang tadinya akan dijadikan struktur main road Tol Cisumdawu Seksi 5 B tersebut memiliki permukaan tanah yang labil. Bahkan saat dilakukan proses pengeboran, baru ditemukan bagian tanah keras di kedalaman 40 meter.

Karenanya, dibangunlah Jembatan Kedondong dengan panjang 743,5 meter dengan sistem pier head dan balik girder di atasnya.

BACA JUGA:ASYIK! Airasia Buka Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati, Tony Fernandes Minta Ini

Pekerjaan di Seksi 5A dan 5B Conggeang relatif rumit, karena di Seksi 5A juga terdapat jembatan dengan panjang 636 meter.

Karenanya, sebagian main road belum terbangun di seksi 5A dan 5B mengingat trase jalan yang masih dipakai untuk penyimpanan balok girder.

Dari pantauan visual Kang Kanda, sebagian main road di kawasan tersebut masih berupa pembuatan struktur untuk jalan berupa perataan dan penimbunan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit saat melakukan kunjungan mengatakan, setidaknya di Kuartal I 2023 Tol Cisumdawu sudah selesai. 

BACA JUGA:TOP! Bandara Kertajati Bakal seperti Kualanamu, Tony Fernandes Ungkap Syarat Airasia Terbang ke Majalengka

Adapun fokus pekerjaan di Seksi 5A dan 5B yang kini progresnya antara 65-70 persen. Salah satunya adalah penyelesaian Jembatan Kedondong. Kemudian di Seksi 4A dan Seksi 4B.

Sebab, saat ini progres pekerjaan di Seksi 6A dan 6B justru sudah selesai yang menyambuntkan dari Ujung Jaya ke Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menginginkan agar Tol Cisumdawu tersambung total pada akhir Februari 2023.

Target dari Menteri Basuki, lebih cepat dari proyeksi pelaksana proyek yakni, Maret 2023. Karena selain Seksi 4 dan 5, Tol Cisumdawu sudah tuntas 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: