Jalan Tol Cisumdawu Maret Beroperasi, Kang Emil: Pesawat Jet Hanya dari Kertajati, Baling-baling di Bandung

Jalan Tol Cisumdawu Maret Beroperasi, Kang Emil: Pesawat Jet Hanya dari Kertajati, Baling-baling di Bandung

Jalan Tol Cisumdawu beroperasi Maret 2023 dan BIJB Kertajati akan dioptimalkan. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyambut gembira Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu, Maret 2023 beroperasi.

Menurut Kang Emil, akan ada beberapa langkah yang dilakukan untuk mendukung BIJB Kertajati berkembang pasca Jalan Tol Cisumdawu beroperasi Maret nanti.

Salah satu kebijakan tersebut adalah membagi penerbangan dari BIJB Kertajati dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. 

Yakni, untuk pesawat baling-baling boleh terbang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan pesawat jet hanya dari Bandara Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:Pantau Harga Sembako, Kapolres Majalengka Pimpin Langsung Operasi Pasar Tradisional Kadipaten

"Nanti pesawat jet dari Kertajati. Untuk pesawat baling-baling boleh lah dari Husein," kata Kang Emil di acara Bincang Santai Pemred bersama Gubernur Jawa Barat, Sabtu, 21, Januari 2023.

Tidak hanya itu, Kang Emil akan mengupayakan agar jamaah umrah dan haji dari Jawa Barat seluruhnya berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka.

"Per hari ini umrah sudah terbang. Nanti Maret terhubung (Tol Cisumdawu). Saya ingin memastikan semua jamaah umrah dan haji 70 ribu per tahun harus di Kertajati," tandasnya. 

Langkah lain yang dilakukan adalah saham BUMD Provinsi Jawa Barat (Jabar), akan melepas saham 30 persen.

BACA JUGA:Kesempatan Emas, 10 Perusahaan dari Jepang, Buka Lowongan Kerja untuk Masyarakat Jawa Barat

"Saat ini dari jabar 80 persen nanti dilepas 30 peesen, tetapi sisa 51 persen. Ada singapura dan Timur Tengah yang siap," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti, meski pengelola menginginkan Maret.

Menteri Basuki mengungkapkan hal tersebut di hadapan rapat kerja Komisi V DPR RI. Pihaknya menginginkan akses tol tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat di Ciayumajakuning. 

Termasuk sebagai dukungan akses terhadap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: