Tol Terpanjang di Indonesia, Menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

Tol Terpanjang di Indonesia, Menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

Konsorsium Tol Getaci bubar karena harus lelang ulang. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap bakal menjadi jalan Tol terpanjang di Indonesia karena mencapai lebih dari 200 kilometer. 

Tidak hanya menjadi tol terpanjang di Indonesia, Tol Getaci juga menghubungkan wilayah Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Karenanya, pembangunan tol terpanjang di Indonesia tersebut dilakukan masing-masing tahapan selama 2 tahun. 

Yakni, tahap pertama dimulai 2023 dan selesai 2024 untuk Seksi 1 dan Seksi 2 yakni dari Junction Gedebage ke Simpang Susun Tasikmalaya.

BACA JUGA:Klarifikasi Ibu Norma Risma, Saat Digerebek Sedang Salat Tanpa Busana

Kemudian tahap kedua, dimulai dari Simpang Susun Tasikmalaya sampai ke Patimuan atau Kabupaten Cilacap. 

Pekerjaan tahap kedua ini, dimulai tahun 2027 sampai dengan tahun 2029. Dengan adanya tol ini, diperkirakan perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya hanya membutuhkan waktu 50 menit sampai dengan 1 jam saja. 

Padahal, saat ini perjalanan Bandung ke Tasikmalaya butuh waktu hampir 4 jam, karena kondisi lalu lintas dan beragam hambatan lainnya di perjalanan.

Karenanya, keberadaan Tol Getaci begitu dinantikan warga di wilayah selatan Jawa Barat. Bahkan Bupati Tasikmalaya meminta dibuat sampai 3 Exit Tol.

BACA JUGA:Siapa Bilang Orang Sunda Tidak Bisa Ngomong ‘F’, itu Hanya ‘Pitnah’

Exit Tol Getaci nantinya akan dipersiapkan di sejumlah lokasi, dan dihadapkan dapat menjadi pendongkrak aktivitas perekonomian daerah yang dilintasi.

Karenanya, banyak pemerintah daerah melobi agar Exit Tol Getaci disediakan di daerahnya. Misalnya, Bupati Tasikmalaya yang sampai meminta kepada Gubernur Jawa Barat, agar diusulkan ada 3 gerbang tol di daerahnya.

Ketiga gerbang tol itu, diantaranya di Ciawi, Singaparna dan Kawalu. Kemudian Kota Banjar yang meminta exit tol ada di wilayah kota dan Kabupaten Ciamis mengusulkan di Pamarican.

Tentu saja daerah di wilayah selatan Jawa Barat tidak kau kehilangan momen dan kesempatan adanya jalan tol ini. Apalagi, ditargetkan selesai di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: