Festival Rampak Genteng Jilid ke-4 Sukses Digelar

Festival Rampak Genteng Jilid ke-4 Sukses Digelar

MAJALENGKA - Festival Rampak Genteng yang dilaksanakan Kamis (11/11/2021) di kawasan bekas Gedung Pabrik Gula (PG) Jatiwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka dihadiri ribuan warga.

Pantauan Radar Majalengka, ribuan orang yang hadir terdiri dari berbagai elemen antusias mengikuti rangkaian festival. Mereka membawa sendiri genteng lalu dibunyikan dengan cara dipukul menggunakan bambu.

Agar seirama, beberapa pemandu dikerahkan di sejumlah titik dengan salah satu pemandu utama berada di tengah peserta.

Rampak genteng sendiri melibatkan warga sebagai perampak genteng, peniup suling tanah, penabuh tambur, penari, dan juga paduan suara yang bersatu dalam harmoni.

Adapun peserta yang akan terlibat antara lain pelajar, mahasiswa, guru dan dosen, buruh genteng, polisi, birokrat, ibu-ibu PKK, pemuda karang taruna, berbagai komunitas, serta kelompok paduan suara.

Festival tersebut merupakan rangkaian kegiatan tahun tanah yang mengusung tema Doa Tanah dan diinisiasi oleh Komunitas Jatiwangi Art Factory (JAF),  dan sudah dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu. Festival digelar dengan jarak waktu tiga tahun sekali.

Pada Rampak Genteng yang pertama melibatkan 1.001 peserta, lalu bertambah menjadi 7.000 peserta di festival kedua pada 2015.

Tahun ke-3 atau 2018, digelar lebih meriah dengan melibatkan lebih banyak orang. Dan, pada tahun ini, meski digelar para peserta dibatasi hanya 1.000 orang demi mematuhi peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19.

\"Festival rampak genteng sudah memasuki jilid ke-4. Semoga seterusnya ada,\" ujar Ketua Panitia Event, Ahmad Thian Vultan kepada media, Kamis (11/11/2021).

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana yang hadir bersyukur festival di tahun 2021 sukses digelar.

\"Alhamdulillah, berkat dukungan semua festival ini terlaksana dengan baik. Untuk itu, kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan ini,\" ujar Tarsono. (bae/ara/radarmajalengka)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: