Cetak Sejarah, Tim Polo Air Putra Jabar Raih Medali Emas

Cetak Sejarah, Tim Polo Air Putra Jabar Raih Medali Emas

JAYAPURA - Tim polo air putra Jawa Barat berhasil meraih medali emas dalam PON XX Papua 2021 di Stadion Akuatik, Jayapura, Minggu (3/10).

Menariknya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyaksikan momentum bersejarah tersebut, karena medali emas ini menjadi yang pertama dalam 50 tahun terakhir.

Oleh sebab itu, dia mengungkapkan rasa bangganya atas perjuangan tim polo air putra Jawa Barat saat mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 8-5 di babak final.

“Saya sangat bangga karena tim polo air putra Jawa Barat terbaik se-Indonesia. Target satu emas dari polo air itu terpenuhi,” ucap pria yang biasa disapa Kang Emil usai menyaksikan laga final polo air putra.

Dalam laga tersebut, tim polo air putra Jawa Barat tertinggal 1-3 dari DKI Jakarta pada babak pertama. Perlahan dan pasti, Tim Polo Air Putra Jabar bangkit dan menguasai pertandingan.

Pada pertengahan babak kedua, Jawa Barat berhasil memangkas gap skor menjadi 2-3. Di akhir laga, Jawa Barat keluar sebagai pemenang.

Sepanjang pertandingan, Kang Emil bersama kontingen PON Jawa Barat lainnya terus membunyikan alat tradisional bambu untuk memberikan semangat kepada tim polo air putra Jawa Barat dari tribune penonton.

Menurut Kang Emil, keberhasilan tersebut tidak lepas dari strategi mumpuni, kegigihan dan ketangguhan tim polo air putra Jawa Barat. Ketiga hal tersebut dilengkapi dengan dukungan dan doa dari masyarakat.

\"Tadinya, target medali emas cabang olahraga (cabor) polo air dari tim putri. Tapi bisa kompensasi oleh tim putra yang sebelumnya ditargetkan mendapat perak,\" ucapnya.

Sebelum menyaksikan laga final polo air putra, Kang Emil secara langsung menyemangati dan memotivasi tim sepak takraw Jawa Barat yang berhasil mengalahkan Sulawesi Tengah (Sulteng) di babak semifinal dengan dua set langsung.

Meski pada partai final tim sepak takraw putri Jawa Barat kalah dari Jawa Tengah, permainan Lena dan Leni mendapat perhatian Kang Emil. Menurutnya, Lena dan Leni tampil mengesankan.

“Wah keren banget, Lena apa Leni kalau smash kaya menari di udara. Saya saksikan sendiri luar biasa,” kata Kang Emil. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: