5 Manfaat Kol Putih Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan

5 Manfaat Kol Putih Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan

Manfaat kol putih -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kol putih termasuk ke dalam keluarga sayuran Brassica bersama brokoli, lobak, kembang kol, dan pakcoy. Selain berwarna putih, kol juga tersedia dalam beragam warna, misalnya kol merah, kol ungu, dan kol hijau. Untuk memperoleh manfaat Kol putih, sayuran ini bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam salad, asinan, atau sandwich tanpa perlu memasaknya. Menambahkan Kol putih yang renyah ke dalam makanan sehari-hari bisa menjadi pilihan yang cocok untuk menjaga kesehatan, terutama bagi pencernaan dan jantung. Berikut ini adalah berbagai manfaat Kol putih yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mengontrol kadar kolesterol

Kol putih termasuk sayuran yang baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Manfaat kol putih dalam mengontrol kadar kolesterol diperoleh dari kandungan serat yang dapat mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya terserap ke dalam darah.

BACA JUGA:Manchester United VS Arsenal, Leandro Trossard Bawa The Gunners Menang Melawan The Red Devils 0-1

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada kol putih berperan sebagai antioksidan yang mampu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan yang kuat, tubuh pun terlindungi dari berbagai penyakit.

3. Menjaga kekuatan tulang

Kol putih mengandung vitamin K yang penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan fungsi pembekuan darah tetap normal. Terlalu sedikit jumlah vitamin K di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis dan masalah pendarahan.

BACA JUGA:Napoli VS Bologna, I Partenopei Dipermalukan Oleh I Rossoblu dengan Skor 0-2

4. Mengontrol berat badan

Kol putih cocok dimasukkan dalam menu makanan diet sehari-hari untuk menurunkan atau mengontrol berat badan yang sehat. Sayuran ini rendah kalori, tinggi serat, serta kaya akan vitamin dan mineral. Konsumsi kol putih membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan berlebih bisa berkurang.

BACA JUGA:Bukan Spekulasi! Kini Kylian Mbappe Resmi Pergi dari PSG, Kemana Mbappe Akan Berlabuh Selanjutnya?

5. Melancarkan buang air besar

Konsumsi kol putih setiap hari secukupnya juga baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Serat dalam kol putih dapat menambah massa tinja dan melancarkan buang air besar secara teratur. Mencukupi kebutuhan serat per hari juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Itulah beragam manfaat kol putih bila dikonsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: