Dukung Industrialisasi Kendaraan Listrik, Tiga Menteri Berkunjung ke Pabrik Wuling Motors

Dukung Industrialisasi Kendaraan Listrik, Tiga Menteri Berkunjung ke Pabrik Wuling Motors

BEKASI - Pemerintah nampaknya serius untuk membangun industri kendaraan listrik untuk memenuhi kebutuhan transportasi ramah lingkungan di masa depan.

Keseriusan ini ditandai dengan kehadiran Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan MPA, Menteri Perhubungan (Menhub), Ir Budi Karya Sumad dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ke pabrik Wuling Motors di, Cikarang, Bekasi, Jum\'at (1/10).

Tujuan mereka datang adalah sebagai bentuk dukungan kepada Wuling untuk bersama memasuki era elektrifikasi kendaraan listrik di Indonesia.

President Director Wuling Motors Mr. Shi Guoyong dan Vice President Wuling Motors Arif Pramadana menyambut secara langsung kedatangan perwakilan pemerintah dan jajarannya tersebut, untuk melihat proses produksi kendaraan di pabrik Wuling yang menerapkan Global Manufacturing System (GMS).

Dalam keterangan resminya,  Shi Guoyong  mengatakan realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global.

“Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor,\" katanya.

Dihadapan para menteri, Shi Guoyong memaparkan rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini telah dipasarkan di Tiongkok.

Wuling memang mempunyai kendaraan listrik beserta ragam teknologi yang dimiliki tiap-tiap lini. Mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV yang telah dipasarkan di Tiongkok dan mencetak prestasi nomor 1 penjualan kendaraan listrik pada 2021 dengan angka penjualan 200.000 unit (Januari-Juli 2021).

Teknologi yang ada di platform GSEV tersebut terdiri dari kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitasi 5G, serta komputasi awan.

Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk EV dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Setelah sesi pemaparan Shi Guoyong, Menko Marves dan Menkes berkesempatan mencoba pengalaman berkendara dengan mobil listrik Wuling di area terbatas kantor pusat Wuling yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Dipandu oleh Arif Pramadana, para Menteri dapat merasakan langsung kendaraan listrik Wuling dan mencoba inovasi yang terdapat pada dua kendaraan listrik Wuling, yakni E100 dan Mini EV.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia,” pungkasnya. (jun/jp)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: