3 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Imun Pada Tubuh!

3 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Imun Pada Tubuh!

Sinar matahari pagi -Radarmajalengka.com-Halodoc-tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COMSinar matahari pagi bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Sebagai informasi, paparan Sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. 

Manfaat sinar matahari pagi ini pun bisa diperoleh dengan mudah, seperti misalnya rutin berjemur di depan teras rumah. Namun sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari berjemur di bawah sinar matahari pagi? Mari simak penjelasan lengkap mengenai manfaat sinar matahari pagi dan pentingnya.

BACA JUGA:Apa Itu Program Rutilahu ? Berikut Penjelasan Serta Manfaat dan Tujuan

Hindari terkena paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 5 sore, karena di rentang waktu tersebut, indeks sinar UV tergolong sangat tinggi dan ekstrem.

Sementara itu, durasi berjemur yang dianjurkan untuk memperoleh manfaat sinar matahari pagi secara optimal adalah selama 10–15 menit, dan pastikan juga untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dari paparan sinar UV.

BACA JUGA:Hasil Liga Arab Antara Al Ahli VS Al Hilal 1-2: Al Hilal Semakin Dekat dengan Gelar Juara!

Lalu, apa saja manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D dalam Tubuh

Manfaat sinar matahari pagi adalah meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Fungsi vitamin D sendiri adalah membantu penyerapan fosfor dan kalsium di saluran pencernaan

Dengan begitu, berjemur secara rutin di pagi hari akan membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk mendukung pertumbuhan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Jus Alpukat Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Asupan vitamin D yang terpenuhi karena rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga menjadi lebih optimal dalam melawan berbagai bakteri atau virus penyebab penyakit. Inilah alasannya mengapa pada saat pandemi COVID-19 masyarakat diimbau untuk rajin berjemur di pagi hari.

Selain itu, seseorang yang mengidap penyakit sklerosis multipel, tuberkulosis, flu, penyakit jantung, penyakit autoimun, dan beberapa jenis penyakit kanker juga direkomendasikan untuk sering berjemur di pagi hari guna membantu proses pemulihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com