Tambah Inovasi Usaha, Mahasiswa KKN-T UNMA Buat Produk Susu Jagung untuk Kembangkan Ekonomi di Desa Jagapura

Tambah Inovasi Usaha, Mahasiswa KKN-T UNMA Buat Produk Susu Jagung untuk Kembangkan Ekonomi di Desa Jagapura

Mahasiswa KKN-T Unma mengadakan program pembuatan susu jagung untuk perkembangan ekonomi dan ketahanan pangan kepada masyarakat di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes--

Dengan menggabungkan pengetahuan akademik dan kearifan lokal, mereka berupaya memberikan solusi inovatif bagi masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil pertanian mereka.

 

"Kami berharap peserta dapat memperoleh wawasan baru yang bermanfaat untuk mengembangkan UMKM di desa Jagapura," harapnya.

 

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ratna SIP SPdI MSi menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kontribusi mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) dalam pemberdayaan UMKM untuk mengembangkan perekonomian di Desa Jagapura.

 

Pihaknya mengapresiasi kepada masyarakat dan kepala desa yang memberikan sambutan positif atas inisiasi mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka.

 

Sementara itu, kepala Desa Jagapura, Siti Khaeriyah mengapresiasi jika mahasiswa KKN-T Unma ini sangat kreatif dan inovatif memberikan peluang untuk mengembangkan usaha baru dari produk yang selama ini kurang dimanfaatkan.

 

"Kami berterima kasih atas kontribusi mahasiswa dalam pengembangan perekonomian melalui produk susu jagung untuk rekomendasi usaha baru," ujarnya.

 

Siti Khaeriyah juga menyambut baik inisiatif ini dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di masa mendatang.

 

Selama pelaksanaan program, mahasiswa bekerja sama dengan ibu polindes dan ibu-ibu PKK/Kader setempat. Mereka memberikan pelatihan mulai dari teknik pengolahan jagung menjadi susu, cara pengemasan yang menarik, hingga strategi pemasaran produk agar dapat bersaing di pasar lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: