Mahasiswa KKN-T Unma dan TPPS Tekan Angka Stunting Melalui Program Dashat di Desa Koreak

Mahasiswa KKN-T Unma dan TPPS Tekan Angka Stunting Melalui Program Dashat di Desa Koreak

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) berkolaborasi dengan TPPS Desa Koreak kecamatan Cigandamekar kabupaten Kuningan mengadakan program Dashat--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) berkolaborasi dengan TPPS Desa Koreak kecamatan Cigandamekar kabupaten Kuningan mengadakan program Dashat.

 

Dashat sendiri merupakan Dapur Sehat Atasi Stunting yang merupakan program andalan untuk menekan angka stunting di desa Koreak.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma Desa Koreak, Widya Ayu Purwanti mengungkapkan pihaknya berkolaborasi dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Desa Koreak untuk mengintervensi kepada ibu-ibu yang memiliki anak balita.

 

Dari analisis dan intervensi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Unma, Widya menyebutkan perkembangan anak yang mengalami stunting cukup turun.

 

"Hasilnya turun 1 persen dari 42 anak menjadi 39 anak. Dari 42 anak yang diberikan pendanaan BKKBN, sebanyak 22 anak yang diberikan pendanaan selama 28 hari pertama," jelas Widya.

 

Menurut Widya, pihaknya terus memantau selama 28 hari ini berapa kenaikan dan penurunan. Sehingga ketika kategorikan jalannya dikasih pemberian makanan tambahan (PMT) berat badannya justru malah turun, maka mahasiswa KKN-T Unma akan mencari tahu letak kesalahannya di mana. 

 

"Berat badan yang turun atau menetap biasanya anaknya sedang sakit," ungkap Widya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: