Panwaslu Kecamatan Dawuan Luncurkan Pojok Pengawasan

Panwaslu Kecamatan Dawuan Luncurkan Pojok Pengawasan

PENGAWASAN PARTISIPATIF: Peluncuran pojok pengawasan ini dilakukan karena Panwaslu Kecamatan Dawuan ingin berkolaborasi dengan masyarakat dalam pengawasan partisipatif.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, meluncurkan Pojok Pengawasan Pemilu.

Peluncuran pojok pengawasan dilakukan secara serentak di seluruh Jawa Barat dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Pojok pengawasan tidak hanya berfungsi sebagai sarana informasi, konsultasi, dan hasil pengawasan, tetapi juga sebagai tempat diskusi, penelitian, dan kegiatan kehumasan terkait pengawasan pemilu kepada masyarakat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dawuan, Anjar Priatna, menyatakan bahwa peluncuran Pojok Pengawasan Pemilu ini digagas oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat untuk memberikan pengetahuan kepada panwaslu di setiap kecamatan.

BACA JUGA:Universitas Sindang Kasih Buka Lima Prodi Baru

"Pojok pengawasan ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi kami sebagai pengawas, tetapi juga bagi rekan penyelenggara, pemangku kepentingan, dan terutama masyarakat pemantau pemilu," kata Anjar kepada media di Kantor Sekretariat Panwaslu Dawuan, Kamis, 4 Juli 2024.

Anjar menjelaskan bahwa peluncuran pojok pengawasan ini dilakukan karena Panwaslu Kecamatan Dawuan ingin berkolaborasi dengan masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

"Keberhasilan pemilu serentak ini tidak hanya tergantung pada kami sebagai pengawas, tetapi juga pada partisipasi masyarakat," ujar Anjar.

Di sisi lain, Kordiv HP2HM Kecamatan Dawuan, Didi Hardika, menekankan bahwa penyelenggaraan pemilihan pemilu tidak hanya dapat diawasi dengan sumber daya terbatas seperti personel pengawas.

BACA JUGA:Universitas Sindang Kasih Buka Lima Prodi Baru, Siap Cetak Sarjana Produktif

"Secara rasional, kita tidak mungkin mengawasi semuanya. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat dalam pengawasan sangat penting," kata Didi.

"Partisipasi masyarakat yang tinggi dapat mencegah pelanggaran aturan. Itu sebabnya pojok pengawasan ini sangat diperlukan," tambahnya.

Didi juga menyampaikan bahwa Panwaslu Dawuan akan melakukan kegiatan pengawasan di setiap desa melalui pojok pengawasan ini.

"Saya berharap agar jajaran pengawas pemilu di Kecamatan Dawuan tetap semangat dalam melakukan pengawasan dan mensosialisasikan partisipasi kepada masyarakat," tandasnya. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: