Barongsai Meriahkan Acara Paturai Tineung SDN Cijurai I

Barongsai Meriahkan Acara Paturai Tineung SDN Cijurai I

BARU PERTAMA KALI: Penampilan Barongsai dari grup Kelabang Merah Pecilon Kota Cirebon memeriahkan acara perpisahan dan kenaikan kelas bertajuk Paturai Tineung di SDN Cijurai I, Rabu (26/6). -istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Acara perpisahan dan kenaikan kelas bertajuk Paturai Tineung di SDN Cijurai I, Desa Cijurai, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, berlangsung meriah dengan penampilan Barongsai dari grup Kelabang Merah Pecilon Kota Cirebon pada Rabu (26/6) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Cijurai, Yusuf Faisal, Ketua PGRI Kecamatan Panyingkiran, Eky K MPd, Ketua K3S Kecamatan Panyingkiran, Aan Sumiyati beserta pengawas, Ketua Komite, serta para orang tua siswa.
Kepala SDN Cijurai I, Entis Sutisna SPd, menyebutkan bahwa ada 12 siswa kelas VI yang lulus tahun ini, terdiri dari 7 putra dan 5 putri.

"Jumlah seluruh siswa dari kelas I sampai VI di SDN Cijurai I berjumlah 79 siswa, dan yang lulus dari kelas VI berjumlah 12 siswa," kata Entis kepada wartawan.

Menurutnya, acara perpisahan dan kenaikan kelas ini dimeriahkan tidak hanya dengan barongsai, tetapi juga dengan pentas seni kreasi para siswa.

BACA JUGA:Belum Berizin, Warga Sukawera Tolak Pembangunan Pabrik

"Juga terdapat penampilan tari Tai Chi Wushu dari atlet Tai Chi asal China yang berasal dari Desa Weragati, Kecamatan Palasah, yang pernah tinggal di Taiwan selama 9 tahun," tambahnya.

Entis menjelaskan bahwa biaya untuk penyelenggaraan pentas seni Paturai Tineung ditanggung oleh swadaya para orang tua murid, yang sebelumnya melakukan musyawarah untuk mufakat.

Ia juga mengungkapkan bahwa dukungan dari orang tua dan pemerintahan desa sangat besar dalam terselenggaranya kegiatan tersebut.

Kepala Desa Cijurai, Yusuf Faisal, sangat mengapresiasi acara Paturai Tineung yang diselenggarakan dengan meriah.
Yusuf mengakui bahwa jumlah siswa di SDN Cijurai I memang minim karena letak geografis sekolah yang cukup jauh dan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) di desanya.

BACA JUGA:Ini Imbauan Menteri AHY kepada Masyarakat agar Terhindar dari Mafia Tanah

Ia juga memuji program kepala sekolah SDN Cijurai I yang mendorong murid-muridnya untuk berjamaah salat di masjid, sehingga saat waktu Duhur tiba, masjid di Desa Cijurai cukup penuh.

Yusuf juga memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Entis yang mampu membangun ruang kelas baru.
Ia berharap semangat gotong-royong dan kekompakan masyarakat Cijurai dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Ketua Komite SDN Cijurai I, Heriyanto, juga memberikan apresiasi positif terhadap acara Paturai Tineung di sekolahnya.

Ia mengungkapkan kegembiraannya karena ini pertama kalinya ada penampilan barongsai dalam acara perpisahan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: