Keris Ini Peninggalan dari Kesultanan Cirebon? Ini Sejarah dan Maknanya

Keris Ini Peninggalan dari Kesultanan Cirebon? Ini Sejarah dan Maknanya

Keris peninggalan Cirebon -Radarmajalengka.com-detikcom - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Keris merupakan senjata tajam pendek kebangsaan Melayu yang digunakan sejak lebih dari 600 tahun lalu.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon Legendaris

Senjata keris digunakan untuk bela diri misalkan dalam silat juga sebagai alat kebesaran di kerajaan atau kesultanan.Keris terbagi menjadi 3 bagian yaitu mata, sarung dan hulu. Makna keris juga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis oleh orang Melayu.

BACA JUGA:Olympiakos Berhasil Kalahkan Aston Villa, Kini Olympiakos Akan Melawan Fiorentina di Final!

Konon katanya, keris itu memiliki semangatnya tersendiri. Selain dijadikan senjata, keris juga sering menjadi hiasan dinding rumah. pada website gunungkidulkab.go.id bahwa keris menurut amalan tradisional Melayu harus diperasapkan di waktu-waktu tertentu, contohnya di malam Jumat.

Pada upacara perkawinan Jawa Tengah, kaum pria diwajibkan memakai busana Jawa lengkap diselipkan keris dipinggangnya. Makna keris tersebut melambangkan simbol kejantanan bagi pria.

BACA JUGA:Rekomendasi Kampus yang Jarang Dilirik, Banyak Kesempatan Mendapat Beasiswa Penuh di Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa keris merupakan alat kebesaran di kerajaan atau kesultanan, maka ada salah satu keris yang terkenal peninggalan dari Kesultanan Cirebon.

Dikutip dari Kanal Youtube Arie Wisanggeni Gallery yang diunggah pada 1 Juni 2023 mengungkapkan bahwa keris peninggalan Kesultanan Cirebon itu bernama Keris Manglar Monga.

BACA JUGA:Profil Ilaix Moriba Sebagai Pemain Wonderkid Guinea dan Eks Pemain Barcelona 

Sejarah pembuatan keris ini diperkirakan pada abad ke 16 Masehi saat berdirinya Kesultanan Cirebon. Pusaka yang menjadi kebanggaan Kesultanan Cirebon ini menggambarkan bahwa pemimpin harus mengayomi rakyatnya.

Kemudian mengetahui posisi atau perannya sebagai pemimpin yang mampu memimpin diri sendiri dan orang lain. Keris Manglar Monga adalah suatu pusaka bersejarah yang memiliki nilai kultural dan spiritual yang di tinggi di Jawa Barat.

BACA JUGA:Indonesia Dikalahkan Guinea U-23 dalam Laga Playoff Olimpiade, Bagaimana Reaksi Ketum PSSI?

Filosofi yang tergambar di keris yaitu gajah bersayap dan merupakan simbol ambisi kekuasaan. benda pusaka ini merupakan salah satu jejak warisan kekayaan Kesultanan Cirebon setelah dibubarkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com