Kenali Sayuran Gambas Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat

Kenali Sayuran Gambas Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat

Sayuran gambas atau oyong memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Keberagaman budaya di Indonesia membuat setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam bidang kuliner. Salah satu kuliner yang sering dibahas adalah sayur gambas atau oyong sebagai sayuran yang lazim dikonsumsi. sayuran dengan nama ilmiah Luffa acutangula ini diketahui kerap diolah menjadi berbagai masakan, seperti tumisan, pecel, hingga sup. Nah, selain rasanya yang lezat yang segar, nyatanya sayuran ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Sebab, ada berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan jika mengonsumsinya. Berikut adalah manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayur gambas

1. Mampu melawan mikroba

Selain di Indonesia, pengobatan tradisional India atau Ayurveda memang telah menggunakan oyong sebagai salah satu bahan ramuan. Sebab, oyong dipercaya dapat melawan berbagai mikroba penyebab penyakit.

BACA JUGA:Buah Kiwi Menyimpan Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Memiliki senyawa anti peradangan

Sayur gambas diklaim memiliki zat antiinflamasi dan analgesik alami. Studi terbaru tentang potensi antioksidan dari biji oyong atau ekstrak bijinya menunjukkan keduanya mengandung efek antioksidan, antiinflamasi, dan analgesik. 

3. Meningkatkan peredaran darah

Sayur gambas juga dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh. Lancarnya peredaran darah membuat tekanan darh menjadi stabil. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko terkait berbagai macam penyakit kronis yang disebabkan oleh gangguan darah. Mulai dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, hingga stroke. 

BACA JUGA:Sinopsis Sinetron Terbaru Berjudul Saleha, di Sctv Favorit Kamu

4. Mampu membantu menurunkan berat badan

Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dari mengonsumsi sayur oyong adalah membantu menurunkan berat badan. Pasalnya gambas merupakan sumber nutrisi yang rendah kalori. Artinya, sayur gambas dapat membantu proses diet, bagi mereka yang sedang menjalaninya. Itulah beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi sayur gambas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: