Kedelai Hitam Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Kedelai Hitam Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat kedelai hitam -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kedelai hitam tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, kedelai ini merupakan salah satu bahan baku untuk membuat kecap yang sangat sering digunakan untuk menambah cita rasa aneka makanan. Kegunaan Kedelai hitam bukan sekadar sebagai bahan baku untuk membuat kecap, melainkan juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi Kedelai hitam:

1. Mencegah penyakit jantung

Tak hanya serat, kedelai hitam juga mengandung lemak sehat, yaitu asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Kandungan dua nutrisi tersebut menjadikan kedelai hitam berman untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Velg Motor Terbaik,Terbaru Tahun 2024

2. Mencegah terjadinya kanker

Sama seperti kacang kedelai biasa, kedelai hitam juga mengandung antioksidan isoflavon, yang merupakan fitoesterogen, yaitu zat dengan fungsi mirip hormon estrogen. Zat ini dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

3. Menjaga gula darah tetap stabil

Kandungan nutrisi dan zat aktif yang terdapat dalam kedelai hitam juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah normal . Hal ini didukung oleh penelitian berskala kecil yang menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kedelai hitam memiliki kadar gula darah yang lebih stabil.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Dari Tanaman Okra Yang Jarang Diketahui

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kedelai hitam memiliki kandungan serat, protein, dan antioksidan yang tinggi, salah satunya antosianin, yaitu antioksidan yang membuat kedelai ini berwarna hitam. Kombinasi berbagai nutrisi tersebut menjadikan kedelai hitam bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi setiap hari oleh penderita kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Majalengka Minggu 5 Mei 2024

5. Mengurangi risiko penggumpalan darah

Trombosis atau penggumpalan darah bisa berakibat fatal jika menyumbat aliran darah pada organ-organ penting, seperti otak, jantung, dan paru-paru. Rutin mengonsumsi kedelai hitam dipercaya mampu mencegah terbentuknya gumpalan darah, sehingga penyumbatan aliran darah pun dapat dihindari. Itulah beberapa manfaat dari kedelai hitam yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: