Kenali Manfaat Dari Tanaman Okra Yang Jarang Diketahui

Kenali Manfaat Dari Tanaman Okra Yang Jarang Diketahui

Manfaat okra yang jarang diketahui -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Okra atau yang dikenal sebagai “lady finger, merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan kembang sepatu dan kapas. tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Afrika, Timur Tengah, dan Asia, termasuk di Indonesia. Okra atau Okra hijau sebetulnya termasuk golongan buah-buahan. Namun, tanaman ini kerap dianggap sebagai sayuran dan cukup umum diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari lalapan, tumisan, atau gorengan. Okra mengandung kolin, zinc, selenium, vitamin B kompleks, vitamin E, serta aneka antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, isoquercetin, lutein, dan zeaxanthin. Okra merupakan salah satu makanan yang murah dan bergizi serta baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat Okra yang sayang untuk dilewatkan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Okra merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, tapi kaya akan serat dan beragam nutrisi, seperi protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, okra baik dikonsumsi untuk mendukung keberhasilan program diet.

BACA JUGA:Ketahui Daftar Atlet Badminton Indonesia, yang Jadi Unggulan di Orleans Masters 2024

2. Mengontrol kadar gula darah

Okra termasuk makanan yang kaya akan serat dengan indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, okra sangat cocok bagi penderita diabetes karena tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak. Sementara bagi orang yang sehat, okra bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes.

3. Mengurangi risiko kanker

Ekstrak okra diketahui memiliki zat yang bersifat antikanker dan antioksidan yang berperan penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Majalengka Minggu 5 Mei 2024

4. Memelihara kesehatan pencernaan

Manfaat okra selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan serta mencegah dan mengatasi sembelit. Ini karena kadar serat dan airnya yang tinggi mampu merangsang pergerakan usus serta membuat tinja menjadi lebih lunak dan padat. Okra juga diketahui memiliki efek prebiotik, sehingga mampu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus (probiotik) dan mencegah pertumbuhan kuman penyebab penyakit di dalam saluran cerna.

BACA JUGA:Lionel Messi Beraksi Lewat 5 Assist, Suarez Cetak Gol Hattrick, Inter Miami Taklukan Red Bulls 6-2!

5. Menjaga kesehatan jantung

Okra kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Berkat khasiat okra tersebut, Anda bisa terlindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke. Itulah beragam manfaat dari okra yang jarang diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: