Yuk Kenali Manfaat Dari Buah Kakao Atau Buah Cokelat Hitam

Yuk Kenali Manfaat Dari Buah Kakao Atau Buah Cokelat Hitam

Mengulik manfaat yang terkandung dalam buah kokoa-Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kakao merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bagian bijinya digunakan sebagai bahan utama pembuatan cokelat, salah satunya cokelat hitam. cokelat hitam dibuat dengan cara memanggang biji Kakao, lalu menggilingnya hingga halus dan menjadi bubuk Kakao. Di dalam bubuk Kakao, terdapat beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti protein, karbohidrat, serat, polifenol, flavonoid, kalsium, zat besi, kafein, magnesium, dan kalium. Berikut ini adalah beberapa manfaat Kakao yang dapat Anda peroleh: 

1. Memperbaiki suasana hati 

Senyawa theobromine dan kafein yang terkandung di dalam kakao dapat memengaruhi suasana hati menjadi lebih positif serta meningkatkan rasa waspada. Zat aktif phenethylamine dalam kakao juga dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu senyawa kimia dalam otak yang berperan dalam melawan stres dan mengatasi perasaan murung.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Dari Tanaman Sorgum Yang Jarang Diketahui

2. Menurunkan tekanan darah

Kakao murni atau cokelat hitam dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Manfaat tersebut diduga berasal dari senyawa nitrogen oksida yang dapat melebarkan pembuluh darah. Manfaat ini juga didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah pikun

Antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam kakao dapat memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang lanjut usia. Efek ini diduga karena kakao dapat melancarkan aliran darah ke otak dan mengurangi dampak kerusakan sel otak akibat pertambahan usia.

BACA JUGA:Menguak Beragam Manfaat Daun Gaharu Yang Jarang Diketahui

4. Mencegah penyakit jantung

Perannya sebagai penurun tekanan darah membuat kakao juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Selain nitrogen oksida, manfaat ini juga berasal dari kandungan antioksidan flavonoid. 

BACA JUGA:Beragam Manfaat Dari Buah Bengkoang Yang Menyehatkan Tubuh

5. Menambah stamina

Kakao murni merupakan sumber kalori yang baik, sehingga bisa memberikan tambahan stamina dan membuat Anda lebih berenergi saat beraktivitas. Kakao juga mengandung kafein yang dikenal sebagai stimulan alami sehingga bisa membuat Anda tetap fokus dan terjaga. Itulah deretan manfaat yang terkandung dalam buah kakao bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: