Menguak Beragam Manfaat Daun Gaharu Yang Jarang Diketahui

Menguak Beragam Manfaat Daun Gaharu Yang Jarang Diketahui

Daun gaharu yang jarang diketahui memiliki beragam manfaat -Blibli.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kayu gaharu, dengan warnanya yang khas kehitaman dan resin aromatiknya, berasal dari pohon gaharu spesies Aquilaria malaccensis yang sangat dihargai di seluruh dunia. Kemampuan daun tanaman gaharu mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder, termasuk alkaloid, saponin, tanin, total fenol, dan total klorofil. Khususnya, tanin dan total fenol memiliki peran sebagai senyawa antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Daun gaharu mengandung senyawa aktif seperti agarospirol, yang memiliki efek antidepresan dengan menekan sistem syaraf pusat, menciptakan rasa ketenangan, dan mengembalikan kebugaran tubuh. Berikut deretan manfaatnya:

1. Relaksasi dari Aroma Gaharu

Daun gaharu memiliki kemampuan untuk memberikan rasa relaksasi yang sangat berguna dalam aromaterapi. Efek aromaterapi ini mampu menghilangkan kecemasan dan depresi, memberikan manfaat yang berlangsung hingga 12 jam.

BACA JUGA:Beragam Manfaat Yang Terkandung Dari Jagung! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

2. Sebagai Anti Penuaan

Teh daun gaharu, kaya akan genkwanin, glikosida alami yang dikenal bermanfaat untuk kecantikan, telah terbukti mampu menghilangkan merkuri secara efisien. Selain itu, teh ini membantu dalam diet dan memperlambat proses penuaan. Tanpa zat aditif dan pewarna buatan, teh gaharu menjadi pilihan sehat untuk menjaga kulit tetap muda.

3. Menambah Energi

Konsumsi teh gaharu secara teratur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih ringan dalam beraktivitas fisik. Selain itu, aroma daun gaharu memiliki efek menenangkan alami yang meredakan stres dan gangguan tidur, menciptakan tidur yang lebih panjang dan nyenyak.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Buah Bidara Yang Jarang Diketahui

4. Menjaga Berat Badan

Teh daun gaharu dapat membantu detoksifikasi tubuh, mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi 6-8 cangkir teh gaharu per hari, tubuh mengalami detoksifikasi yang membantu menjaga berat badan ideal.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata di Jepara Mirip Bali, Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

5. Mengurangi Rasa Mabuk

Teh gaharu memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi rasa mabuk. Dapat digunakan sebagai minuman sehari-hari untuk menjaga kesehatan jangka panjang dan membantu tubuh menghilangkan alkohol secara efisien selama intoksikasi. Itulah khasiat dari daun gaharu bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: