Daun Sukun Yang Jarang Diketahui Memiliki Manfaat Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Daun Sukun Yang Jarang Diketahui Memiliki Manfaat Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sukun kaya akan manfaat bagi tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Manfaat daun sukun untuk kesehatan telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Khasiat daun sukun untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan, terutama penyakit ginjal, liver, dan jantung. Kandungan daun sukun yang berkhasiat bagi kesehatan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan mineral (kalsium, fosfor, dan zat besi). Berikut adalah sejumlah Manfaat daun sukun untuk kesehatan:

1. Meredakan sariawan 

Sukun mengandung ekstrak mentanol yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan Candida Albicans, si penyebab sariawan. Ramuan daun sukun sering digunakan oleh masyarakat India Barat untuk mengatasi sariawan.

BACA JUGA:5 Manfaat Yang Terkandung Dalam Pisang Kepok Menyehatkan Bagi Tubuh

2. Mengobati penyakit jantung 

Manfaat daun sukun juga bisa menjaga pembuluh darah tetap sehat begitu juga pada jantung. Kandungan flavonoid dan Beta-Sitosterol pada daun sukun sangat berperan aktif melindungi jantung dari iskemia yang dapat menyebabkan gagal jantung. 

3. Menurunkan tekanan darah dan diabetes

Daun sukun juga bermanfaat menurunkan tekanan darah dan diabetes. Daun sukun, terutama yang telah menguning dipercaya mengandung phenol, quercetin, dan champorol. Ketiga kandungan tersebut sangat ampuh menurunkan gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Air Rebusan Daun Cabai Memiliki Banyak Manfaat?! Berikut Deretan Manfaatnya Bagi Tubuh

4. Menurunkan kadar kolesterol

Khasiat daun sukun juga bisa menghambat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah aorta sehingga kadar kolesterol dalam darah menurun secara signifikan.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

5. Mencegah kanker

Dengan mengonsumsi daun sukun secara teratur, sel kanker dapat ditekan bahkan dilumpuhkan. Manfaat daun sukun memiliki tiga turunan yang sangat mematikan bagi sel kanker karena dapat memicu program bunuh diri sel. Itulah deretan manfaat dari daun sukun untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: