Tempe Memiliki Banyak Manfaat Yang Menyehatkan Bagi Tubuh Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Tempe Memiliki Banyak Manfaat Yang Menyehatkan Bagi Tubuh Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Manfaat tempe untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui -Haibunda-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tempe merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena harganya terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dan camilan. Bagi para vegan dan vegetarian, Tempe sering dijadikan sebagai makanan pengganti daging karena di dalamnya mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, Tempe juga mengandung folat, mangan, seng, tembaga, riboflavin, dan vitamin B6, meski dalam jumlah yang terbatas. Berkat kandungannya yang melimpah, ada beragam manfaat Tempe bagi kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi tempe juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat tempe satu ini bisa diperoleh berkat kandungan kalium di dalamnya. Kalium dibutuhkan untuk menghilangkan garam berlebih di dalam tubuh melalui urine.

BACA JUGA:Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Penyakit Demam Berdarah, No 2 Jarang Diketahui Orang

2. Mengontrol berat badan

Konsumsi tempe dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi protein bisa membakar kalori lebih banyak.

3. Mencegah osteoporosis

Tempe juga merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium, yaitu mineral untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Makanan ini juga memuat mineral lain yang dapat menunjang kesehatan tulang, yaitu fosfor dan kalium.

BACA JUGA:Air Rebusan Daun Cabai Memiliki Banyak Manfaat?! Berikut Deretan Manfaatnya Bagi Tubuh

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Makanan yang diolah dari hasil fermentasi, seperti tempe, biasanya mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan meningkatnya jumlah bakteri baik di usus, bukan hanya kesehatan saluran cerna saja yang lebih terjaga, tetapi juga fungsi kekebalan tubuh. Pasalnya, 70–80% sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

5. Menurunkan kadar kolesetrol

Kedelai yang menjadi bahan utama untuk membuat tempe mengandung isoflavon. Beberapa peneltian menunjukkan bahwa isoflovon yang terdapat dalam kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total. Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam tempe bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: