Google Doodle Rayakan Tema Tari Rangkuk Alu untuk Hari Ini, Simak Beberapa Faktanya Disini

Google Doodle Rayakan Tema Tari Rangkuk Alu untuk Hari Ini, Simak Beberapa Faktanya Disini

Ilustrasi Google Doodle yang rayakan tema Tari Rangkuk Alu asal Manggarai, Flores, Indonesia. -Google Chrome - Tangkapan Layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Per hari ini (29/4), Google merayakan tema pada Doodle nya dengan tema Tari Rangkuk Alu yang berasal dari Indonesia.

Ya, Google Doodle merayakan tema hari ini dengan Tari Rangkuk Alu, seperti yang dilansir dari berbagai macam sumber menyatakan bahwa Tari Rangkuk Alu ini berasal dari Manggarai, Flores, Indonesia. 

Tari Rangkuk Alu ini bisa dikategorikan sebagai Tari tradisional khas Indonesia, karena Tari ini masih memakai media dan alat seperti bambu yang memiliki bentuk kotak, dengan beragam gerakan tari yang melompat dan menghindari kotak bambu tersebut.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai Tari Rangkuk Alu yang berasal dari Manggarai, Flores sebagai Tari tradisional dari Indonesia, yang pada hari ini dijadikan sebagai tema untuk Google Doodle, juga beserta beberapa faktanya yang akan diulik pada artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Sang Penyair Kini Telah Pergi, Joko Pinurbo Telah Abadi, Berikut Karya Puisi Beliau yang Menyentuh Hati 

1. Tari Rangkuk Alu terinspirasi dari permainan tradisional 

Ya, Tari Rangkuk Alu ini awalnya terinspirasi dari permainan tradisional yang bernama Rankuk Alu, Ranku Alu, dan Alu Rangkuk. Dengan media bambu sebagai alat dari permainan ini, dengan tongkat bambu yang disusun secara kotak di tanah.

2. Tari Rangkuk Alu adalah Tari tradisional 

Berasal dari Manggarai, Flores, Indonesia. Tari Rangkuk Alu ini memang awalnya terinspirasi dari permainan, namun lama kelamaan berkembang dari permainan menjadi suatu tarian karena gerakan khasnya yang melompat dan seolah menghindari dari tongkat bambu yang berbentuk kotak agar tak sampai menyentuh kaki si penari.

3. Tari Rangkuk Alu biasanya diiringi instrumen 

Iringan instrumen ini bisa menjadi pengiring dari irama serta tempo gerakan Tari Rangkuk Alu. Alat instrumen yang biasa mengiringi irama dan tempo dari Tari Rangkuk Alu biasanya seperti alat musik drum dan gampang untuk mengiringi irama pemukulan batang bambu sebagai pengiring irama dan tempo dari tarian.

BACA JUGA:Ernando Ari Membayar Kegagalan Final AFF U-23 Silam, Kali Ini Ia Berharap Ingin Juara Piala Asia Demi STY

4. Tongkat bambu yang menjadi alat dan media untuk Tari Rangkuk Alu 

Tongkat bambu yang digunakan sebagai alat dalam Tari Rangkuk Alu, tongkat bambu disusun hingga menyerupai kotak, dan diikat agar susunannya menyambung, lalu tongkat bambu dipukul-pukul seiring dengan penggunaan irama dari musik instrumen sebagai pengiring, agar para penari bisa fokus menghindari dan melompat agar tidak terkena tongkat bambu yang berbentuk kotak dan disusun di atas tanah, dari penggunaan musik imstrumen pengiring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: