Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Menjadi Destinasi Wisata Libur Lebaran yang Wajib Dikunjungi 

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Menjadi Destinasi Wisata Libur Lebaran yang Wajib Dikunjungi 

Potret keindahan destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. -Wikipedia-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jika kamu sedang ingin pergi mengunjungi Kota Lumajang, atau sedang dalam keadaan pulang kampung di Lumajang, maka sangat pas sekali jika pada saat momen libur lebaran untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini sangat direkomendasikan serta diwajibkan untuk setidaknya mengunjungi serta menikmati pesona keindahan air terjun satu ini.

Untuk momen libur lebaran seperti pada saat ini, maka dengan mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang ada di Kota Lumajang, maka bisa menjadi suatu sarana pelepas penat, atau sekadar ingin healing dan berlibur semata, eits jika sudah ada disana jangan lupa untuk mengabadikannya dalam bentuk foto, karena sangat rugi bila tidak berfoto dengan latarbelakang pesona air terjun yang indah ini.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai seputar destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang yang sering direkomendasikan bahkan diwajibkan agar setidaknya untuk mengunjungi tempat wisata satu ini yang pas untuk momen libur lebaran saat ini, yuk simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Destinasi Wisata Religi yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini terletak di Jalan Tumpak Sewu, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374. Memiliki jam operasional mulai buka pada pukul 07.00 hingga 15.00.

Untuk rute menuju ke lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini jika titik awal dari Kota Lumajang, maka harus menempuh melalui rute Jl. Nasional III dengan memakan waktu sekitar 1 jam 33 menit. Seperti yang dilansir dari situs Maps.

Air Terjun Tumpak Sewu jika dalam bahasa Jawa Memiliki arti Tumpak bisa diartikan Tumpuk, dan Sewu bisa diartikan sebagai Seribu. Ada arti lain untuk nama Tumpak Sewu seperti ini, dengan arti Naik Seribu, yang seolah-olah air terjun ini terlihat seperti sedang menaiki atau menumpang di dinding tebing air terjun. Dan Air Terjun Tumpak Sewu pun mendapatkan julukan tumpukan seribu air terjun.

Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki rupa dan panorama alam seperti layaknya Air Terjun Niagara, tumpahan air terjun nya benar-benar memanjakan mata, apalagi suara gemericik air terjun yang bisa menambah suasana kearifan alami yang sangat layak untuk dinikmati, seperti pada saat libur lebaran seperti ini.

BACA JUGA:FREE HTM! Curug Cilutung Majalengka Memiliki Pesona Curug Bebatuan Eksotis dengan Harga yang Gratis

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 saja. Jika membawa kendaraan roda dua, tarif parkirnya Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat tarif parkirnya Rp 10.000. Fasilitas penunjang yang ada di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini sangat mumpuni, karena terdapat tempat parkir yang cukup luas, ada mushola, tempat makan, serta toilet. 

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini terdapat sebuah fasilitas yang mampu digunakan, dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto dengan latarbelakang view air terjun yang indah. Nama fasilitas nya yaitu Gardu Pandang, memiliki kapasitas sebanyak 50 orang untuk satu fasilitas Gardu Pandang seperti ini. Hadirnya fasilitas Gardu Pandang seperti ini mampu digunakan pula sebagai tempat untuk mengamati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari jarak kurang lebih 100 meter.

Bagi kamu yang suka berpetualang serta mencari adrenalin pada momen libur lebaran, maka melakukan kegiatan dan aktivitas trekking di sekitar area Air Terjun Tumpak Sewu juga bisa menjadi opsi yang paling tepat untuk dilakukan, namun tetap harus berhati-hati serta menggunakan kelengkapan standar pakaian pelindung sesuai ketentuan dan aturan yang ada.

Dan di area Air Terjun Tumpak Sewu juga terdapat air terjun lainnya yang berukuran kecil, serta kolam yang jernih lagi alami dan segar airnya, adapun Gua Bidadari yang cocok untuk dinikmati serta diabadikan dalam bentuk foto, pun terdapat beberapa lembah yang ada di sekitar area Aie Terjun Tumpak Sewu, yang secara keseluruhan untuk view panorama alamnya, indah nya bukan main!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: