LONG WEEKEND! Ini Destinasi Wisata Religi Buddha yang Bisa Dikunjungi

LONG WEEKEND! Ini Destinasi Wisata Religi Buddha yang Bisa Dikunjungi

Candi borobudur- pixabay.com/EHIB- radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM – Menikmati libur long weekend Hari Raya Waisak bisa diisi dengan mengunjungi beberapa wisata religi Buddha di Indonesia.

Hari Raya Waisak 2568 BE jatuh pada Hari Kamis, 23 Mei 2024. Adanya tangal merah di Hari Kamis dan juga cuti bersama pada Hari Jumat, maka bagi para pekerja tertentu dan pelajar merupakan long weekend yang dapat dinikmati. Dengan begitu, biasanya orang-orang akan menikmati hari libur dengan bersantai atau mengunjungi tempat wisata. Nah bagi yang ingin menikmati long weekend Hari Raya Waisak ini dengan berlibur ke tempat wisata dengan unsur religi Buddha, maka tempat ini bisa menjadi pilihannya.

BACA JUGA:23 Mei 2024 Libur Hari Apa? SIMAK PENJELASANNYA!

1. Candi Borobudur

Wisata religi Buddha yang paling ternama adalah Candi Borobudur. Siapa yang tak mengetahui candi ini? Candi Borobudur yang biasa dijadikan tempat study tour anak sekolah ini juga bisa menjadi pililhan destinasi wisata bersama keluarga di long weekend kali ini jika ingin berlibur ke Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini merupakan salah satu warisan sejarah umat Buddha di Indonesia serta saksi bisu persebaran ajaran Buddha di Nusantara pada masa lampau. Hingga kini, Candi Borobudur tak cuma jadi destinasi wisata sejarah sekaligus religi bagi umat Buddha, tapi juga masih digunakan sebagai tempat ibadah dan perayaan-perayaan hari besar keagamaan umat Buddha di Indonesia. Saat hari raya waisak, akan ada ritual upacara tertentu yang dilakukan oleh umat buddha. Dan puncaknya akan ada pelepasan lampion ke langit yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

BACA JUGA:3 Pantai Terindah di Bali yang Wajib Kamu Eksplor Saat Liburan

2. Candi Mendut

Masih dengan wisata candi yang ada di sekitaran Candi Borobudur, yang jaraknya sekitar 3 km yaitu Candi Mendut. Candi Mendut ini merupakan salah satu peninggalan sejarah umat Buddha di Indonesia. Destinasi wisata sejarah sekaligus religi bagi umat Buddha ini didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra.

Arsitektur Candi Mendut dipenuhi dengan relief-relief bercorak Buddhis, termasuk ukiran-ukiran yang menggambarkan makhluk-makhluk kahyangan berupa dewata gandarwa dan apsara atau bidadari, dua ekor kera dan seekor garuda serta relief Boddhisatva di antaranya Avalokiteśvara, Maitreya, Vajrapāṇi dan Manjuśri. Di dalam induk candi terdapat tiga buah arca Buddha besar yaitu Dhyani Buddha Wairocana dengan sikap tangan (mudra) dharmacakramudra yang kiri dan kanannya diapit oleh arca Avalokiteśvara (Padmapāņi) dan sebelah kanan arca Vajrapāņi.

Wah menarik sekali ya kalau datang ke candi ini, bisa melihat peradaban di masa lampau khususnya saat masa penyebaran agama Budhha di Indonesia.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Bogor, dari Liburan Sampai Kulineran, Semua Ada Disini!

3. Maha Vihara Mojopahit

Selanjutnya ada Maha Vihara Mojopahit yang terletak di Mojokerto. Di sini ada patung yang cukup terkenal yaitu patung Buddha tidur. Patung Buddha berwarna keemasan ini menjadi ikon wisata religi Buddhis di Mojokerto. Hal menarik lainnya dari patung ini adalah karena dengan ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter menjadikan patung ini menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di Asia Tenggara. menakajubkan, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: