Tanaman mahkota dewa kaya akan manfaat loh! Yuk simak penjelasannya

Tanaman mahkota dewa kaya akan manfaat loh! Yuk simak penjelasannya

Buah mahkota raja yang kaya akan manfaat -Alodokter-radarmajalengka.com

Radar majalengka.com - Mahkota dewa merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mahkota dewa atau Phaleria macrocarpa adalah tanaman herbal yang berasal dari Papua. tanaman ini diketahui mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin.

Berkat sifat antioksidan dan efek lain yang dimilikinya, mahkota dewa dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah dan gangguan kesehatan, seperti:

1. Mencegah tekanan darah tinggi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung. Dengan begitu, konsumsi ekstrak mahkota dewa dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi sekaligus penyakit jantung.

2. Mengatasi batuk

Khasiat mahkota dewa dalam mengatasi batuk berasal dari sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus yang dimilikinya. Semua komponen tersebut berfungsi untuk melegakan saluran pernapasan dan melawan infeksi penyebab batuk.

Sifat antioksidan yang dimiliki mahkota dewa juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu meredakan gejala batuk dengan cepat. Berkat khasiatnya tersebut, mahkota dewa banyak digunakan sebagai salah satu kandungan obat batuk herbal.

BACA JUGA:Kekurangan dan Kelebihan Yamaha Aerox 155 yang Wajib Kamu Tau!

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Flavonoid yang terkandung dalam mahkota dewa juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah yang bisa memicu kenaikan tekanan darah.

4. Meredakan gejala asam urat

Asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Untuk meredakan gejalanya, Anda bisa mengonsumsi suplemen mahkota dewa.

Manfaat mahkota dewa sebagai obat asam urat diduga berasal dari kandungan flavonoid yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat dan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

BACA JUGA:Kunjungan BPIPRI di radar Cirebon untuk Pembinaan pada Content Writer dan Creator Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: