10 olahan yang terbuat dari pohon aren yang dibikin berbagai benda loh!

10 olahan yang terbuat dari pohon aren yang dibikin berbagai benda loh!

Manfaat pohon aren-Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Pohon aren merupakan salah satu jenis tanaman palam yang memiliki banyak manfaat.

Pohon aren memiliki bentuk fisik yang mirip dengan pohon kelapa sawit, dengan buah yang kecil dan daun yang lebar -lebar. Pohon yang memiliki nama latin “arenga pinnata” ini merupakan salah satu jenis pohon yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya, mulai dari daun, buah hingga batang kayunya. Aren atau enau sendiri tumbuh pada daerah asia tropis, yang menyebar juga hingga ke Indonesia. Pohon ini dapat berkembang biak melalui proses pembelian, yang sekarang sudah mulai banyak dijadikan lahan bisnis untuk pemanfaatan tertentu.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A55 5G, Hadir dengan Performa Chipset Berkualitas High End Untuk Kelas Hp Mid End

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pohon aren :

1. Dibuat menjadi tongkat

Selain menjadi bentuk papan, kayu dari batang pohon aren ini juga sangat baik dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan tongkat ataupun pembuatan alat bantu berjalan.

2. Pembuatan gula aren

Gula aren merupakan salah satu produk olahan dari tanaman aren, yang diperoleh dari sadapan pohon aren yang dinamakan nira. Dari nira inilah kemudian diolah menjadi bentuk gula yang keras dan padat serta manis. Gula aren sendiri biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan masakan ataupun minuman khas dari suatu daerah.

BACA JUGA:Mengikuti kajian online? Raih Pahala di Bulan Ramadan 2024

3. Sebagai bahan anyaman

Akar dari manfaat pohon aren juga sering digunakan untuk pembuatan anyaman. Anyaman ini dapat menjadi bentuk-bentuk kerajinan tangan, seperti tas ataupun gelang sehingga dapat memberikan nilai jual yang tinggi.

4. Sebagai minuman fermentasi

Nira yang tidak diolah menjadi gula aren dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis minuman fermentasi dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Biasanya nira hasil dari pohon aren ini dijual dengan menggunakan pikulan yang terbuat dari bambu. Sayang sekali, penjualan air nira pada tabung pikulan bambu saat ini sudah sangat jarang ditemui.

5. Pembuatan sapu lidi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: