Buniwangi Desa Ajaib di Majalengka, Bermula dari Ajian Halimun Pangeran Talaga, Miliki 3 Kearifan Lokal

Buniwangi Desa Ajaib di Majalengka, Bermula dari Ajian Halimun Pangeran Talaga, Miliki 3 Kearifan Lokal

Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka masih mempertahankan kearifan lokal.-Dokumen-radarmajalengka.com

Guar Bumi ini sama dengan sedekah bumi.  Guar Bumi merupakan upacara adat yang dilakukan untuk menyambut musim tanam. 

Dalam upacara tersebut ditandai dengan kegiatan pertunjukan kreasi masyarakat serta pameran hasil bumi. Upacara adat ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat serta sebagai sarana pemersatu.

Selain masih menjunjung tinggi kearifan lokal, banyak pula usaha kreatif dari masyarakat setempat. Usaha-usaha tersebut mampu mendongkrak perekonomian desa ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Samsung di Bawah 10 Jutaan Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya 2024!

Mayoritas penduduk desa ini berprofesi sebagai petani dan pekebun. Namun ada juga yang menekuni usaha kreatif di beberapa bidang. 

Di bidang kuliner ada penduduk yang membuat berbagai macam olahan kerupuk. Seperti pembuat opak,  kerupuk miskin dan kerupuk kedem.

Kerupuk kadem ini juga menjadi salah satu ciri khas Majalengka. Karena itu, kerupuk ini sering pula disebut kerupuk Majalengka. 

Di bidang  peternakan sebagian besar masyarakat menjadi peternak unggas-unggasan seperti ayam, bebek, dan entog. Namun ada juga yang memelihara kambing dan kuda.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Samsung di Bawah 5 Juta Terbaik di Tahun 2024 Lengkap Beserta Spesifikasinya

Di bidang  kerajinan tangan ada yang berprofesi sebagai pengrajin boboko dan sapu tabo atau sapu dari sabut kelapa. Juga ada pengrajin sapu nyere atau sapu dari daun kelapa.

Inilah sekelumit tentang Desa Buniwangi. Salah satu desa  Kecamatan Palasah ini memiliki beragam kekayaan yang patut dilestarikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: