Jelang Puasa, Masyarakat Kabupaten Majalengka Menerima Bantuan Sosial

Jelang Puasa, Masyarakat Kabupaten Majalengka Menerima Bantuan Sosial

BANSOS LAGI: PT Pos Indonesia sedang merealisasikan sejumlah program bantuan sosial (Bansos). Menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah, masyarakat Kabupaten Majalengka akan menerima bantuan sosial (Bansos).-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menyongsong bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah, masyarakat Kabupaten Majalengka akan menerima bantuan sosial (Bansos).

Memasuki minggu keempat bulan Februari 2024, pemerintah terus melakukan pencairan sejumlah bantuan sosial.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majalengka, H. Iwan Dirwan SSTP melalui subkor Pengelola Bansos Apip Suprianto, ada tiga jenis bantuan sosial yang akan terus dicairkan oleh pemerintah.

Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Bansos Beras Bulog seberat 10 kilogram.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1 terus dicairkan oleh pemerintah secara tunai melalui PT Pos Indonesia dan Himbara (BRI) di seluruh wilayah, termasuk Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal yang Jarang Disadari!

Pada tahun 2024, pencairan Bansos PKH Tahap 1 melalui kantor Pos dialokasikan untuk 3 bulan sekaligus, yaitu Januari, Februari, dan Maret.

Selanjutnya, pencairan melalui Himbara (BRI) dialokasikan untuk 2 bulan, yakni Januari dan Februari.
"Di Kabupaten Majalengka, jumlah penerima bantuan Sosial PKH yang pencairan melalui PT POS sebanyak 7.397 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), dan untuk pencairan melalui Himbara (BRI) sebanyak 59.974 KPM dengan anggaran sebesar Rp64.002.450.000," ujarnya.

Bantuan selanjutnya yang masih dicairkan sebelum bulan Ramadhan adalah Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) alokasi bulan Januari tahun 2024. Bantuan ini dicairkan melalui kantor Pos dan Himbara (BRI).
Penerima BPNT mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan, dengan anggaran triwulan 1 sebesar Rp90.452.400.000.

Beberapa wilayah telah menyelesaikan proses pencairan Bansos BPNT, namun bagi penerima yang belum menerima bantuan tersebut diimbau untuk segera melakukan pencairan di Kantor POS dan Kantor BRI, ATM, atau Brilink terdekat.

BACA JUGA:Manfaat Toner Untuk Wajah Berjerawat, Anti Kusam Jaga Perawatan Kulit

Apip juga menjelaskan bahwa khusus untuk wilayah Kabupaten Majalengka, penerima bantuan Sosial BPNT yang pencairan melalui PT POS sebanyak 17.884 KPM dan untuk pencairan melalui Himbara (BRI) sebanyak 132.870 KPM.

Sementara itu, Bansos Beras Bulog 10 Kilogram telah memasuki tahap pencairan ke-2 pada bulan Februari 2024 sebagai langkah dalam mengatasi kerawanan pangan.

Untuk Kabupaten Majalengka, penerima Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BPCBP) mencapai 170.138 KPM.

"Bansos beras Bulog 10 Kilogram ini sudah disalurkan sejak tahun 2023, dan pemerintah berkomitmen untuk melanjutkannya hingga bulan Juni 2024," tandasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: