Kenali Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal yang Jarang Disadari!

Kenali Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal yang Jarang Disadari!

Penyebab Wajah Bruntusan dan cara mengatasinya-Pinterest @Mandere-Tangkapan Layar

RADARMAJALENGKA.COMBruntusan adalah masalah kulit yang kemunculannya ditandai dengan bintik-bintik kecil berwarna merah.

Bruntusan dapat muncul di area jidat, pipi, leher, dagu, dan punggung. Umumnya, penyebab munculnya bruntusan sama dengan penyebab munculnya jerawat. Yaitu akibat tersumbatnya pori-pori di wajah oleh minyak dan kotoran.

Bruntusan membuat tekstur kulit menjadi tidak rata dan mengganggu penampilan. Biasanya bruntusan disertai dengan rasa gatal pada wajah atau ruam kemerahan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh komedo, milia, atau kulit kering.

BACA JUGA:8 Penyebab Wajah Bruntusan di Jidat, Nomor 6 Sering Disepelekan!

Pada kulit kering, biasanya diawali oleh pengelupasan sel kulit secara berlebihan. sel-sel ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Selain penyebab di atas, kebiasaan lain yang dapat memicu munculnya bruntusan antara lain :

1. Tidak Membersihkan Wajah dengan Benar

Setelah beraktivitas seharian, debu dan kotoran akan menempel di wajah terlebih jika kamu menggunakan make up. Wajah yang kotor ini akan menimbulkan gatal dan ruam kemerahan. Oleh karena itu, jangan malas membersihkan wajah dengan benar ya!

2. Kurang Minum Air Putih

Penyebab yang kedua yaitu kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering dan kusam. Belum lagi jika aktivitasmu seharian di dalam ruangan ber AC atau di bawah paparan sinar matahari. Hal tersebut yang akan memicu kulit dehidrasi, termasuk wajah. 

Mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh akan membuat kulit terhidrasi dan terjaga kelembabannya.

3. Stres

Stress juga dapat memicu timbulnya bruntusan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol ketika stress yang dapat memproduksi minyak lebih banyak, sehingga dapat memperparah bruntusan maupun jerawat.

4. Salah Memilih Produk Kosmetik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: