Suara Naik, Bepeluang Besar dan Kursi Golkar Bertambah

Suara Naik, Bepeluang  Besar dan Kursi Golkar Bertambah

ilustrasi-DOKUMEN-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Partai Golkar berpeluang besar untuk meningkatkan jumlah kursi DPR RI Dapil Jabar IX, DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Jabar XI, dan DPRD Kabupaten Majalengka.

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai Golkar hanya berhasil merebut satu kursi masing-masing untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat di dapil yang meliputi Sumedang, Majalengka, dan Subang (SMS).

Namun, partai berlambang pohon Beringin tersebut berpotensi untuk menambah satu kursi di masing-masing DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2024 dari Dapil SMS.

Berdasarkan real count KPU di situs resmi https://pemilu2024.kpu.go.id, dua kursi DPR RI bagi Partai Golkar diprediksi akan ditempati oleh Galih Dimuntur Kartasasmita (pendatang baru) dengan 45.889 suara, dan Itje Siti Dewi Kuraisin (petahana) yang meraih 36.460 suara.

BACA JUGA:Karna Sobahi Diakui Sebagai Bapaknya Desa, Ratusan Kuwu Berkumpul untuk Silaturahmi

Sementara itu, dua kursi Partai Golkar di DPRD Provinsi Jawa Barat diperkirakan akan diisi oleh Yomanius Untung dengan 27.050 suara, dan Reynaldi Putra Andita Budi Raemi yang mendapat 23.796 suara.
Yomanius Untung sebelumnya pernah menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2014-2019 dari Dapil SMS.

Namun, pada Pemilu 2019, posisinya digantikan oleh Reynaldi Putra Andita Budi Raemi, dan keduanya kini diprediksi akan berhasil.

Namun demikian, perolehan suara tersebut masih bersifat sementara, dan kemungkinan data tersebut akan berubah mengingat belum semua data dari TPS diinput ke laman resmi KPU.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Majalengka, Asep Eka Mulyana, menyatakan optimistis bahwa perolehan kursi Partai Golkar di DPRD Kabupaten Majalengka akan meningkat dari enam kursi yang diraih pada Pemilu 2019.

BACA JUGA:5+ Warna Hijab Untuk Muka Tirus yang Wajib Diketahui, Agar Tampil Percaya Diri

Menurutnya, dari pemantauan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat PPK di Kabupaten Majalengka, hingga saat ini Partai Golkar berhasil menambah perolehan kursi menjadi tujuh kursi DPRD Kabupaten Majalengka.

"Kami optimis bahwa tujuh kursi ini sudah di tangan, dan semoga bisa bertambah seiring selesainya rapat pleno di setiap PPK," ujar Asep Eka Mulyana saat ditemui di DPRD Kabupaten Majalengka, Jalan KH Abdul Halim, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Kamis (22/2/2024).

Berdasarkan data di laman KPU, hingga saat ini Partai Golkar menduduki peringkat ketiga sebagai peraih suara terbanyak, dengan 46.621 suara atau 11,63 persen.

Sementara PDIP menduduki peringkat pertama dengan 112.954 suara atau 28,18 persen, diikuti oleh PKS yang mendapat 59.995 suara atau 14,97 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: