Kuliner Khas Brebes, Salah Satunya Favorit Calon Presiden 2024

Kuliner Khas Brebes, Salah Satunya Favorit Calon Presiden 2024

Kuliner khas Brebes kesukaan Ganjar Pranowo-Tangkapan layar google maps-Farid Ardiyansyah

Prosesnya melalui 2 tahap yakni dimasak dan diasap. Kepiting yang digunakan berjenis soka (kepiting cangkang lunak), uniknya kepiting jenis ini bisa di makan semua bagiannya.

BACA JUGA:Jelajahi Keindahan 5 Destinasi Wisata Terkini di Brebes yang Memikat Hati

Awalnya kepiting akan akan ditumis beserta bumbu khas hingga wangi, setelah matang kepiting akan dibungkus dengan daun pisang dan diletakkan diatas diatas pemanggang.

Seporsi kepiting soka dibanderol dikisaran harga 50-120 ribu. Porsi ini bisa dinikmati untuk 3-4 orang.

3. Telur Asin Beragam Rasa

Kuliner khas Brebes yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat kita. Kota Brebes merupakan produsen telur asin terbesar di indonesia, maka hal ini yang membuat kualitas yang dihasilkan sangatlah bagus. Ada 4 macam jenis telur asin khas Brebes, masing-masing telur asin diproses dengan cara yang berbeda. Hal itulah yang membuat rasanya berbeda. 

BACA JUGA:3 Pantai di Brebes dengan Pemandangan Ciamik, dan Tentunya Sudah Pasti Sangat Asyik

  • Telur Asin Panggang Oven

Telur ini akan dipanggang di mesin oven selama kurang lebih 1 jam. Proses panggang ini akan menghasilkan warna cangkang coklat kehitaman dan memiliki tekstur yang kering, dan kuning telur tidak akan terlalu berminyak. Telur Asing panggang ini cocok bagi kamu yang tidak suka dengan rasa asin yang berlebih.

  • Telur Asin Bakar

Telur asin bakar biasanya diproses dengan cara dibakar dengan batok kelapa. Keunikan terletak pada aroma khas yang berasal dari batok kelapa yang terbakar. Telur yang sudah melalui proses pengasinan akan dibakar selama 2-3 jam agar rasa asapnya lebih meresap.

  • Telur Asin Bumbu Pindang

Telur asin ini akan diolah dengan cara dipindang. Prosesnya, telur bebek yang sudah diasinkan akan direbus dengan air bumbu kuning selama 1-2 jam. Hasilnya akan membuat cangkang kulit berwarna kuning. Telur asin bumbu pindang memiliki bentuk putih telur yang lebih kering dibandingkan telur rebusan biasa. Rasanya lebih sedap karena berasal dari bumbu kuning yang sudah meresap

BACA JUGA:Wisata di Bagian Timur Brebes, Banyak Hutan Mangrove Lho. Yuk Kunjungi 3 Tempat ini!

  • Telur Asin Rebus

Telur ini seperti telur asin pada umumnya. Proses pembuatannya sangat sederhana, setelah melalui proses pengasinan telur akan langsung direbus biasa selama kurang lebih 1 jam. Tekstur yang dihasilkan cenderung lembut dan lebih berminyak. Untuk rasa memiliki rasa asin yang sangat kuat, maka tidak disarankan bagi anda yang memilik tekanan darah tinggi.

Untuk harga dibanderol dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, namun harga telur asin rebus biasa mulai dari 3.500-4.000 ribuan saja perbutir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: