Kesulitan Air Bersih Teratasi, Rider-Kodim 0617/Majalengka Bangun Sumur di Desa Pasirmuncang

Kesulitan Air Bersih Teratasi, Rider-Kodim 0617/Majalengka Bangun Sumur di Desa Pasirmuncang

DIRESMIKAN: TNI bangun sumur air bersih di Blok Jampang, Desa Pasirmuncang, Kecamatan Panyingkiran-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Persoalan air bersih masih menghantui warga Kabupaten Majalengka setiap kali masuk musim kemarau. Pada musim kemarau kemarin, warga bahkan harus rela berjalan sekian kilometer hanya untuk mendapatkan air bersih, dan itu pun hanya untuk durasi yang singkat.

Blok Jampang, Desa Pasirmuncang, Kecamatan Panyingkiran adalah salah satu titik yang selalu dihantui kesulitan air bersih, saat kemarau datang.

Ada ratusan KK yang harus bekerja keras, hanya untuk mendapatkan air bersih, ketika kemarau datang.
"Kemarau kemarin, warga harus berjalan 5 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Kalau untuk mandi dan nyuci mah, tidak terlalu sulit," kata Kuwu (Kades) Pasirmuncang Momon Suherman, saat peresmian sumur air bersih, Kamis (14/12).

Selama musim kemarau kemarin, hampir semua warga desa itu mengalami kesulitan air bersih. Dari keseluruhan warga, Blok Jampang diketahui sebagai daerah dengan tingkat kesulitan air paling tinggi.
"Di Blok Jampang ini ada 450 KK. Ini jadi daerah paling kritis saat kemarau kemarin. Yang kemarin itu kan kemarau panjang," jelasnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa,Yamaha Hadirkan Sistem Pengolahan Air Minum Bersih & Edukasi Anak SD

BACA JUGA:Ride to The Future, Puluhan Bikers Nikmati Keseruan XSR 155 Motoride di Surabaya

Setelah menjalani musim kemarau yang cukup ekstrem, harapan baru muncul di penghujung tahun. Hal itu seiring dengan telah dibangunnya sumur air bersih, di Blok Jampang, yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Alhamdulillah, dua bulan lalu telah dibangun sumur air bersih. Sekarang baru ada sekitar 40 KK yang mendapat manfaatnya," ungkapnya.

"Teknisnya, air dari sumur ini ditampung dulu di toren, untuk kemudian disalurkan ke rumah masing-masing warga. Mereka hanya dikenai biaya perawatan," lanjutnya.

Keberadaan sumur air bersih di Desa Pasirmuncang tidak terlepas dari hasil survei yang dilakukan pihak TNI AD dari Kodim 0617/Majalengka.

BACA JUGA:Jas Biru Nobar Debat Perdana Capres

BACA JUGA:Peringati HUT Ke-24 Dharma Wanita Persatuan

Beberapa bulan sebelumnya, Kodim Majalengka menginstruksikan anggotanya untuk melakukan pemetaan daerah mana yang dianggap mengalami kesulitan air bersih.

"Sebelumnya, kami lakukan survei di beberapa titik. Akhirnya, kami putuskan untuk tempat pengeboran sumur air bersih itu di sini," kata Kasdim Majalengka Mayor Yayat Nurhidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: