Pembangunan TPS Desa Karyamukti Capai 90 Persen

Pembangunan TPS Desa  Karyamukti Capai 90 Persen

SEGERA RAMPUNG: Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang berbasis Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) di Dusun II Blok Babakan Waru Desa Karyamukti. -istimewa-Radarmajalengka.com

JATIWANGI, RADARMAJALENGKA.COM - Pemerintahan Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka kini tengah membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang berbasis Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) di Dusun II Blok Babakan Waru Desa Karyamukti.

Kepala Desa Karyamukti,  Moch Bunyamin Khan  melalui Kepala Dusun II,  Deri Yusuf menyebutkan,  pembangunan gedung TPS 3 R yang dananya dari bantuan Gubernur Jawa Barat sebesar Rp500 juta kini telah mencapai 90 persen. “Kami optimis awal tahun 2024 TPS 3 R bisa dioperasikan untuk mengatasi sampah di Desa Karyamukti,” ujar Kadus Deri kepada Radar akhir pekan kemarin.

Dijelaskan Deri, selama ini sampah yang membeludak dari Desa Karyamukti langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Heuleut Kecamatan Kadipaten.

“Alhamdulilah kini telah dibangun jalan dari Desa Karyamukti  menuju langsung  lokasi TPA Heuleut sehingga kendaraan pengangkut sampah menuju TPA tidak akan melintasi permukiman warga di Desa Heuleut,” ujarnya.
Ia bersyukur desanya mendapatkan bantuan program dari Pemprov Jabar untuk membangun TPS 3 R bersama Desa Sukarraja Kulon Kecamatan Jatiwangi.

BACA JUGA:Keluhkan APK Minim, Relawan Amin ke Cirebon

BACA JUGA:Mahasiswa S2 Stikku Beri Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Menurutnya, TPS 3 R merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. Termasuk untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan/atau yang tinggal di permukiman yang padat dan kumuh.

Penanganan sampah dengan pendekatan infrastruktur TPS 3R lebih menekankan kepada cara pengurangan, pemanfaatan dan pengolahan sejak dari sumbernya pada skala komunal (area permukiman, area komersial, area perkantoran, area pendidikan, area wisata, dan lain-lain).

“Selama ini proses pengolahan sampah dengan cara dibakar, tapi ke depan  pengolahan sampah dengan dicacah dan pembangunan bangunan TPS 3 R kini mencapai 90 persenan,” ujar Kuwu  Moch Bunyamin Khan melalui  pesan WA kemarin. (ara)

BACA JUGA:KPU Majalengka Akui Peran Media Sangat Penting

BACA JUGA:Motor Yamaha Boyong 5 Piala di Ajang Penghargaan Bergengsi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: