Keutamaan Surat Al-Ikhlas Sama Dengan Sepertiga Al-Quran, Apa Maksudnya?

Keutamaan Surat Al-Ikhlas Sama Dengan Sepertiga Al-Quran, Apa Maksudnya?

Keutamaan surat Al-Ikhlas.-inismu temanggung-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Di dalam al-Quran terdapat banyak surat pendek yang sering dilantunkan oleh imam masjid salah satunya adalah surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhkas ini memiliki keunikan karena berbeda dari kalam Allah lainnya. 

Memiliki nama al-Ikhlas namun didalam isinya tidak terdapat kata ikhlas. Secara tersirat bahwa terdapat ajaran dari surat Al-Ikhlas ini yaitu tentang makna ikhas walau tidak terlihat.

Selain itu, memurnikan keesaan Allah merupakan arti dari surat Al-Ikhlas, surat ini dapat digolongkan pada surah makkiyah yang memiliki arti bahwa termasuk surat pendek. Dari artinya Al-Ikhlas terdapat kata "Esa" menunjukan tunggal, hanya satu-satunya tidak memiliki bapak atau ibu dan tidak diperanakan. 

Dan Allah Maha Pencipta seluruh alam semesta salah satunya adalah manusia sebagi ciptaan-Nya. Sehingga di dalam surat ini berisikan tentang tauhid Kepada Allah SWT. Maksud dari tauhid adalah menyatakan keesaan Allah SWT.

BACA JUGA:KH Abdul Chalim Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional, Kiai Maman: PKB Tuntas Mengawal Harapan Warga NU

BACA JUGA:Momen Hari Pahlawan, 6 Tokoh Ini Mendapat Gelar Pahlawan.Salah Satunya dari Majalengka

Dasar ilmu agama adalah tauhid, dalam belajar memiliki harapan untuk menjadi seseorang dapat kuat imannya. Artikel ini akan membahas mengenai keutamaan surat al-Ikhlas yang terkandung, berikut ini diantaranya:

Diberi nama surat Al-Ikhlas karena dapat memberikan keselamatan bagi yang membacanya dari berbagai kesulitan dunia maupun akhirat, seperti menyelamatkan dari kesulitan sakaratul maut dan juga dapat menyelamatkan dari gelap di alam kubur serta hari kiamat. 

Walupun surat Al-Ikhlas termasuk kedalam surat makkiyah namun memiliki kedudukan yang setara dengan sepertiga Al-Quran. Oleh sebab itu terdapat manfaat serta keistimewaan yang sangat luar biasa. Nabi Muhammad saja selau membaca surat Al-Ikhlas disetiap harinya.

Terdapat keutamaan dari surat Al-Ikhlas yaitu jika membaca 1 kali maka setara dengan membaca sepertiga al-Quran. Hal ini dijelaskan pada hadits yang berbunyi:

BACA JUGA:6 Sayuran Mengandung Kolagen, Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

BACA JUGA:5 Makanan Enak Mengandung Kolagen, Bermanfaat Untuk Tubuh !

Dari Abu Said al-Khudri, beliau berkata: Rasulullah SAW berkata,

 
hadits-grameda.com-radarmajalengka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: