Uban Pada Usai Tua, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Uban Pada Usai Tua, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ilustrasi rambut yang beruban terlihat cantik dan menarik jika dirawat dan ditata dengan baik.-metrojambi.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Apakah rambut Anda mulai beruban? Jangan khawatir, rambut beruban atau  putih sebenarnya bukanlah cacat atau memalukan yang perlu segera ditutupi  dengan pewarna rambut berpigmen tinggi.

Selain perawatan rambut atau mewarnainya Anda dapat menata rambut, Anda  bisa tampil anggun dengan hiasan mahkota berwarna putih keperakan. Rambut beruban terjadi karena  perubahan konsentrasi melanin secara bertahap menurun pada rambut. 

Orang Indonesia memiliki kandungan melanin yang tinggi sehingga rambutnya bisa berwarna hitam legam, namun ketika rambut berubah warna menjadi abu-abu dan kemudian memutih, ini berarti kadar melanin pada rambut berangsur-angsur berkurang hingga  hilang.

Oleh karena itu, rambut di tidak akan tumbuh hitam seperti dulu lagi namun Anda bisa lakukan dengan memberi berbagai nutrisi untuk merawat rambut agar terlihat indah dan Anda juga harus bisa menanta rambut dengan baik.

BACA JUGA:Teh Hitam Dapat Menghitamkan Uban Jika Rutin Digunakan, Apakah Benar?

BACA JUGA:Uban Menjadi Pengingat Kematian Menurut Islam, Anda Sudah Siap?

Biasanya, perubahan konsentrasi melanin menurun disebabkan oleh faktor usia yang dimana seiring bertambahnya usia sekitar rata-rata pada usia 40 tahun ke atas, kondisi uban ini mulai muncul. 

Rambut beruban juga bisa muncul karena faktor genetik oleh karena itu, bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia di bawah 40 tahun. Selain itu, ada  faktor lain yang bisa menyebabkan berkurangnya produksi melanin. 

Selain itu secara khusus, stres atau berada di bawah tekanan tinggi akan mengakibatkan produksi melanin  terganggu sehingga berdampak pada ganguan kesehatan rambut, diantaranya: mulai dari rambut rontok hingga  rambut beruban dini. 

Penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering  akan merusak rambut dan kulit kepala. Bahan kimia dalam pewarna rambut dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan mata, serta meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius seperti kanker, masalah sistem kekebalan tubuh dan masih banyak masalah lainnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ingin Persib Bandung Terbang Dari Bandara Kertajati

BACA JUGA:Hukum Mencabut Uban dan Menyemir Rambut dalam Pandangan Islam, Apakah Boleh?

Selain itu, pewarna rambut tidak bisa menghentikan  pertumbuhan uban. Saat rambut berubah warna menjadi coklat dan uban tumbuh kembali, transisi warna tidak selalu  sesuai harapan.  Jika Anda terbiasa mewarnai rambut maka ada cara lain yang dapat menutupi uban diantaranya yaitu:

1.Rawatlah agar terlihat indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: