Pemkab Majalengka Gelontorkan Dana DBHCHT Mencapai Rp7,72 Miliar

Pemkab Majalengka  Gelontorkan Dana DBHCHT Mencapai Rp7,72 Miliar

Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd menyerahkan Gebyar Salur BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT ) untuk tahun 2023 bertempat di lapang sepak bola Desa Sukajadi Kecamatan Malausma Selasa ( 1/08 ). -Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd menyerahkan Gebyar Salur BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT ) untuk tahun 2023 bertempat di lapang sepak bola Desa Sukajadi Kecamatan Malausma Selasa ( 1/08 ).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati, Sekda, Drs H Eman Suherman, MM,  Assiten Ekonomi Pembangunan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi Usaha Kecil Menengah ( DK2UKM ) , Inspektorat, Kepala Dinas KP3, Camat Lemahsugih, Bantarujeg dan Malausma serta penerima bantuan. Sebanyak 1.740 masyarakat yang ada di tiga kecamatan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Kabupaten Majalengka, H  Arif Daryana, SSTP MSi  dalam laporanya mengatakan bahwa bagi hasil tembakau untuk tahun 2023 sebesar 7.72 miliar .

Pemberian BLT untuk masyarakat petani tembakau sesuai dengan permen keuangan. Pada tahun ini Kabupaten Majalengka mendapatkan DHBCHT untuk 2.340 orang terdiri dari petani tembakau sebanyak 1.740 orang dan buruh pabrik 600 orang.

BACA JUGA:Pemerintah Luncurkan Pelayanan Satu Pintu Perizinan Kegiatan Seni dan Olahraga

BACA JUGA:Sergap Pengedar dan Pelanggan Obat Ilegal, 3 Pelaku Dibekuk

Para petani tembakau yang mendapatkan BLT DBHCHT ada di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Bantarujeg sebanyak 715 orang, Kecamatan Lemahsugih 957 orang dan Kecamatan Malausma 68 orang.

" Untuk penyaluran langsung ke rekening penerima bantuan sebesar Rp. 3.300.000 untuk 11 bulan dan akan disalurkan secara 3 tahap melalui Bank Majalengka, " ujar Arif.

Anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT ) untuk Kabupaten Majalengka tahun 2023 sebesar 7,72 miliar.

Sementara Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd dalam sambutanya mengatakan peran petani punya peran penting dalam meningkatkan  perekonomian pasca pandemi Covid - 19.

BACA JUGA:Polsek Jatiwangi Gencar Sosialisasi Call Center 110

BACA JUGA:Baznas Bantu Renovasi Musola SD

Diharapkan dengan adanya bantuan ini bisa memberikan dampat yang signifikan terhadap peningkatan para petani khususnya petani tembakau yang ada di wilayah Bantarujeg, Lemahsugih dan Malausma.

Bupati Karna  mengintruksikan kepada para penerima bantuan agar bisa memanfaatkan bantuan ini dengan semaksimal mungkin dan dipergunakan sesuai kebutuhan.

“Besaran jumlah untuk penerima manfaat itu utuh diberikan tanpa adanya potongan apapun. Apabila ada pihak-pihak yang meminta potongan dalam bentuk apapun, segera melaporkan ke kami,” tegas bupati.

Sebab, menurutnya, bantuan tersebut murni tanpa potongan dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Majalengka ini berharap agar masyarakat petani tembakau di tiga wilayah kecamatan yang hari ini menerima bantuan tersebut dapat mensyukurinya.

BACA JUGA:Event Pembuka Maxi Yamaha Day 2023, Ratusan Biker Camping di Gunung Picung Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: