Pantas AirAsia Buka Penerbangan ke Bandara Kertajati, 15 Persen Wisatawan Jawa Barat adalah Turis Malaysia

Pantas AirAsia Buka Penerbangan ke Bandara Kertajati, 15 Persen Wisatawan Jawa Barat adalah Turis Malaysia

15 persen turis di Provinsi Jawa Barat berasal dari Malaysia, kini semakin mudah dengan adanya penerbangan langsung ke Bandara Kertajati.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Maskapai AirAsia Malaysia resmi membuka penerbangan terjadwal ke Bandara Kertajati MAJALENGKA, 2 kali dalam sepekan.

Rupanya, ada peluang yang dibidik dari pasar penumpang tersebut. Salah satunya adalah mendatangkan turis Malaysia ke Jawa Barat.

Bahkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 15 persen turis yang berkunjung ke Jawa Barat berasal dari Malaysia.

Hal tersebut, diamini oleh Head of Government Relations Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi. Dia mengakui, pasar Indonesia sangat penting termasuk di dalamnya Kertajati.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beres, Seluruh Penerbangan di Bandung Pindah ke Bandara Kertajati Majalengka

Karenanya, AirAsia berusaha mengembangkan konektivitas di Indonesia dengan destinasi-destinasi domestik, tapi dengan sumber pasar internasional.

"Indonesia adalah pasar potensial untuk wisatawan Malaysia. Menurut BPS, pengunjung Jawa Barat kebanyakan warga negara Malaysia," kata Eddy, di Bandara Kertajati, 17, Mei 2023.

Melansir data Badan Pusat Statistik mencatat, hingga Maret 2023, sekitar 15 persen dari 809 ribu wisatawan ke Indonesia berasal dari Malaysia.

Dengan dibukanya penerbangan rute Kertajati-Kuala Lumpur melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), peluang turis Malaysia datang semakin besar.

BACA JUGA:Dirut BIJB Berharap Maskapai Segera Pindah dari Bandung ke Kertajati, Ini Alasannya

Sebab, akses perjalanan menjadi lebih mudah. Tidak perlu lagi mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, karena bisa langsung ke Majalengka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut gembira penerbangan ini, karea masyarakat sudah bisa menikmati layanan perjalanan udara tersebut.

Penerbangan perdana untuk rute Kertajati-Kuala Lumpur dan sebaliknya oleh AirAsia berlangsung pada Rabu, 17 Mei 2023.

Acara tersebut disambut meriah dengan penyemprotan air ke badan pesawat dan pertunjukan tari tradisional untuk menyambut penumpang yang mendarat di Kertajati sekitar pukul 10.20 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: