TOL CISUMDAWU Beres, Seluruh Penerbangan di Bandung Pindah ke Bandara Kertajati Majalengka

TOL CISUMDAWU Beres, Seluruh Penerbangan di Bandung Pindah ke Bandara Kertajati Majalengka

Setelah Tol Cisumdawu beres, seluruh penerbangan dari Bandung akan pindah ke Bandara Kertajati Majalengka.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM –Keramaian di Bandara Kertajati MAJALENGKA diprediksi akan mencapai puncaknya saat Jalan Tol Cisumdawu selesai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar mengungkapkan, informasi yang didapat, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ditargetkan selesai bulan dean.

Sehingga dapat mempercepat perjalanan dari Bandung ke bandara jadi hanya 40 menit hingga satu jam saja.

Sebelumnya, pengendara dari Bandung harus melewati jarak sekitar 160 kilometer melalui Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Cipali dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

BACA JUGA:Dirut BIJB Berharap Maskapai Segera Pindah dari Bandung ke Kertajati, Ini Alasannya

Karenanya, setelah Tol Cisumdawu beroperasi penuh, seluruh penerbangan dari Bandung akan dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Benny menyampaikan, pihaknya sudah menunggu-tunggu adanya penerbangan internasional. Sebab, ini bisa menjadi momentum kebangkitan pariwisata Jawa Barat.

"Ini memang yang kami tunggu-tunggu. Kami memiliki Komite Pemulihan Ekonomi Daerah yang bertugas mengatur bagaimana mengupayakan (Bandara) Kertajati supaya pulih seperti 2019 dulu," katanya.

Disampaikan Benny, daerah-daerah yang berdekatan dengan Bandara Kertajati, mulai dari Majalengka, Cirebon, hingga Kuningan menawarkan potensi pariwisata luar biasa.

BACA JUGA:PENAMPAKAN TERKINI Calon Gerbang Tol Paseh dari TOL CISUMDAWU, Akses Baru ke Sumedang

Ada wisata kuliner seperti empal gentong dan garang asem, hingga kerajinan tangan yang cocok bagi warga Malaysia yang menurutnya senang berbelanja. 

“Warga Jabar yang berjumlah 50 juta jiwa ini menjadi potensi pasar yang cukup menarik bagi dibukanya rute penerbangan. Kami berharap bahwa dengan tersambungnya Tol Cisumdawu, penerbangan di Kertajati akan semakin ramai," ungkap Benny. 

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih merasa bersyukur akhirnya Bandara Kertajati kini bisa melakukan penerbangan internasional.

Setelah dibuka pada 2018, kegiatan penerbangan di Bandara Kertajati sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: