UPDATE! Kondisi Terbaru TOL CISUMDAWU, Bisa Selesai Akhir Mei?

UPDATE! Kondisi Terbaru TOL CISUMDAWU, Bisa Selesai Akhir Mei?

Update kondisi terbaru Tol Cisumdawu yang ditarget selesai akhir Mei.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Update terkini Tol Cisumdawu yang ditargetkan dapat selesai pada akhir Mei atau paling tidak pada awal Juni 2023.

Pada update terkini, ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sedang dalam penyelesaian di Jalur B. Lokasinya terbesar di Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang.

Dari pantauan visual Rochamedia, terlihat pekerjaan yang menonjol terlihat berada di sekitar area Seksi 5A dn 5B. Diantara pekerjaan tersebut ada pemasangan EPS Geofoam di dua lokasi.

Pemasangan material ringan tersebut merupakan penanganan longsor pada ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang di beberapa lokasi rawan dengan pergerakan tanah.

BACA JUGA:YUK LIHAT! Begini Kesiapan Bandara Kertajati Melayani Jemaah Haji Ciayumajakuningsusu

Berikut update perkembangan terkini Tol Cisumdawu pada ruas Seksi 5:

1. Pemasangan EPS Geofoam

Material EPS Geofoam merupakan sejenis busa/foam yang biasa dipakai untuk penanganan tanah labil. Konstruksi menggunakan material ini, lebih ringan dan mengurangi kemungkinan penurunan permukaan jalan.

Bahkan, material ini jauh lebih ringan dari urugan tanah. Sebelumnya, pengaplikasian EPS Geofoam berhasil dilakukan di Jalur A STA 40+200 yang berada di Blok Sawah Pasir Kodoh, Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang.

Jalan yang dibuat dengan menggunakan EPS Geofoam berhasil dilintasi pemudik tanpa ada kendala. Bahkan setelah dipakai secara fungsional mulai 16 April sampai dengan 1 Mei 2023, terbukti jalan yang terbangun sangat andal.

BACA JUGA:Berkah Penerbangan Haji untuk BIJB Kertajati, Ada 24 Kloter Penerbangan dari Ciayumajakuningsusu

Karenanya, penggunaan serupa dilakukan di Jalur B yang sekarang sudah dalam proses instalasi. Penggunaan material yang sama dilakukan di STA 52+000 atau area tanah labil di seberang batching plant sekaligus perbatasan Seksi 5 dengan 6.

2. Jembatan Gunung Puyuh

Di lokasi masih dalam pembangunan pier head dan sebagian sudah terpasang slab on pile atau lantai jembatan. Setelah terpasang seluruhnya, akan dilakukan pengecoran dasar dan pengaspalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: