Berkah Penerbangan Haji untuk BIJB Kertajati, Ada 24 Kloter Penerbangan dari Ciayumajakuningsusu

Berkah Penerbangan Haji untuk BIJB Kertajati, Ada 24 Kloter Penerbangan dari Ciayumajakuningsusu

Berkah penerbangan haji untuk BIJB Kertajati Majalengka. -Magna Jaya/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Penerbangan haji menjadi berkah untuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten MAJALENGKA.

Terhitung mulai 28 Mei 2023, sebanyak 24 kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Sumedang dan Subang (Ciayumajakuningsusu) bakal diberangkatkan. 

Setiap harinya akan ada 1 kloter yang diberangkatkan, itu artinya bakal ada penerbangan rutin setidaknya sampai dengan 22 Juni 2023 nanti.

Sekaligus menunggu tuntasnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi penuh mulai akhir Mei atau paling lambat di awal Juni.

BACA JUGA:BUDGET MINIM? HP Nokia C21 Plus Ini Layak Dibeli, Cuma 1 Jutaan Spek Mantap

Selain itu, penerbangan rutin juga akan dilakukan oleh Maskapai AirAsia Berhard yang membuka penerbangan dari Kuala Lumpur - Kertajati pulang pergi seminggu dua kali.

Dengan adanya rangkaian penerbangan itu, BIJB Kertajati tentu akan hidup kembali dan melayani penumpang secara rutin setiap harinya.

Bahkan, rencananya karyawan dari PT BIJB (Perseroda) yang saat ini hanya dipekerjakan 70 persen, nantinya akan kembali bertugas untuk keperluan pelayanan haji tersebut.

Sebab, terdapat setidaknya 8.968 jemaah haji dari wilayah Ciayumajakuningsusu yang akan diberangkatkan. Sehingga membutuhkan tenaga pelayanan ekstra. 

BACA JUGA:TRAGIS! Begini Sejarah Desa Mati di Majalengka, 17 Tahun Ditinggalkan Penghuninya

Rencananya, penerbangan haji akan dilakukan di lantai 2. Sementara pesawat akan parkir di Apron Nomor 7. Semua penerbangan tersebut dilakukan pada malam hari pukul 21.00 WIB. 

Namun sebelum rangkaian penerbangan haji tersebut, Garuda Indonesia, akan membawa jemaah umrah ke Arab Saudi pada 9 Mei. Sebelumnya juga ada Maskapai Lion Air yang membawa jemaah umrah.

Tentunya kehadiran penerbangan umrah dan haji akan membantu meningkatkan traffic di Bandara Kertajati Majalengka, sebelum nantinya  Tol Cisumdawu beroperasi dan diharapkan kembali menarik minat maskapai untuk membuka rute penerbangan baru baik domestik dan internasional. 

VP Corporate Secretary and General Administration PT BIJB Dian Nurrahman menyebutkan, sudah ada beberapa maskapai lainnya yang berminat untuk segera membuka penerbangan dari Kertajati terlebih setelah uji coba Jalan Tol Cisumdawu pada masa mudik Lebaran berjalan mulus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: