SIMAK PENJELASAN Pesawat Batik Air Berasap dan Bunyi Seperti Anjing Mengongong, Normal Kok!

SIMAK PENJELASAN Pesawat Batik Air Berasap dan Bunyi Seperti Anjing Mengongong, Normal Kok!

Captain Vincent Raditya menjelaskan mengenai kondisi pesawat Batik Air berasap yang videonya viral di media sosial.-Vincent Raditya/Ist-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Penjelasan mengenai pesawat Batik air Jakarta - Medan yang berasap dan mengeluarkan bunyi seperti lolongan anjing menggonggong.

Video yang merekam situasi kabin pesawat Batik Air berasap viral di media sosial, saat cabin crew berusaha memberikan penjelasan kepada penumpang.

Meski demikian, penumpang juga tidak mau mendengar penjelasan dari awak kabin. Kemudian mempermasalahkan bunyi seperti lolongan anjing yang terdengar di dalam pesawat.

Atas kejadian tersebut, Capt Vincent Raditya menjelaskan, pesawat yang digunakan adalah Airbus A320.

BACA JUGA:MENAKUTKAN! El Nino Bikin Jawa Barat Diprediksi Bakal Dilanda Kekeringan dan Kebakaran Hutan

"Bicara asap di dalam kabin penumpang, di video tidak terlihat seperti apa asap di dalam kabin. Biasanya asap dari air conditioning," katanya.

Misalnya, Captain Vincent menjelaskan, asap yang keluar dari air conditioning karena humidity tinggi. Ini bukan asap yang berbahaya.

"Nggak semua penumpang tahu ini asap yang berasal dari air conditioning," kata Captain Vincent memberikan penjelasan.

Kemudian terkait dengan air starter unit, atau GTC yang memunculkan suara dan kembali dikeluhkan oleh penumpang.

BACA JUGA:Aksi Heroik Polisi di Majalengka Bantu Pemudik yang Akan Melahirkan

"Terkadang APU yang digunakan untuk mensuplai kelistrikan dan udara pesawat. Ini bukan satu sistem yang krusial. Cukup sering saya menyalakan pesawat tanpa APU. Sehingga harus request GPU dan GTC," jelasnya.

Diungkapkan Captain Vincent, fungsi APU di darat hanya 3 yakni listrik pre flight, AC ketika boarding dan engine start.

"Setelah engine menyala setiap mesin mensuplai listrik dan udara sendiri. Setelah pesawat terbang, APU sudah tidak dipakai lagi," jelasnya.

Terkait dengan suara seperti anjing melolong, dikarenakan faktor hidrolik pesawat dan lazim ditemukan pada pasawat Airbus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: