PERHATIAN! Tol Cisumdawu Masih Satu Arah dari Cimalaka ke Kertajati, Jam 3 Sore Ditutup

PERHATIAN! Tol Cisumdawu Masih Satu Arah dari Cimalaka ke Kertajati, Jam 3 Sore Ditutup

Tol Cisumdawu dibuka satu arah Cimalaka - Kertajati saat arus mudik lebaran. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu baru bisa dipakai satu arah mulai dari Cimalaka dpat Kertajati, Kabupaten Majalengka saat arus mudik lebaran nanti. 

Saat ini, konstruksi masih terus dikebut di Seksi 5A Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang masih terdapat pengecoran pasa lapisan geofoam. 

Penanganan longsor dan tanah labil pada area sepanjang 300 meter itu, berpotensi menghambat penggunaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Tentunya perlu dinantikan update dari ruas ini, apakah akan terkejar dipakai untuk arus mudik pada tanggal 15 April atau terjadi keterlambatan selama 1-2 hari.

BACA JUGA:MANTAP! Ada 3 Tol Baru di Jabar untuk Mudik, Termasuk Cisumdawu, Simak Daftarnya

Kendati demikian, pemerintah tetap merencanakan penggunaan jalan tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebur sesuai dengan jadwal. 

Karena belum selesai 100 persen, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di Tol Cisumdawu saat dibuka untuk lalu lintas masyarakat. 

Rencananya, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan dibuka mulai 15, April 2023. Sehingga lalu lintas dari Bandung bisa tembus sampai ke Kertajati, Kabupaten Majalengka. 

Tetapi, pada tanggal 18 April, lalu lintas dari Jalan Tol Cisumdawu yang keluar di Junction Dawuan arah Subang - Jakarta akan ditutup, karena Tol Cipali sudah memberlakukan one way ke arah Jawa Tengah.

BACA JUGA:Rute Penerbangan Bandara Kertajati Majalengka, Siap-siap 15 April Sudah Mulai

Oleh karena itu, warga yang hendak mudik dari Bandung ke arah Cirebon ataupun Semarang perlu terus meng-update rekayasa lalu lintas di ruas tol tersebut. 

Apalagi, Cisumdawu juga belum tuntas 100 persen di Seksi 5. Sehingga ruas yang beroperasi fungsional mulai dari Cimalaka sampai Kertajati akan dilakukan pembatasan jam operasional yakni pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Pembatasan tersebut mempertimbangkan belum tersedianya lampu penerangan jalan di Seksi 5 dan dampak pertemuan lalu lintas dengan Tol Cipali. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninjau kesiapan Tol Cisumdawu menyatakan, keberadaan tol ini akan menunjang pergerakan kendaraan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: