Bandara Kertajati Majalengka Jadi Pengganti Bandara Husein, Menhub Bilang Begini, Simak Kata-katanya

Bandara Kertajati Majalengka Jadi Pengganti Bandara Husein, Menhub Bilang Begini, Simak Kata-katanya

Bandara Kertajati Majalengka akan menjadi pengganti Bandara Husein Sastranegara.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten MAJALENGKA akan menjadi pengganti dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Sinyal ke arah itu, makin jelas setelah 3 menteri sekaligus meninjau BIJB Kertajati bersama dengan Direktur Angkasa Pura (AP) II.

Peninjauan ini, berkaitan dengan rencana dimulainya sejumlah penerbangan pada periode April sampai dengan Agustus 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, rencananya pada 15 April akan dilaksanakan penerbangan carter untuk umrah menggunakan pesawat Lion Air.

BACA JUGA:PERHATIKAN! Jadwal Operasi TOL CISUMDAWU Cimalaka - Majalengka, Hanya 9 Jam per Hari

Kemudian diikuti dengan penerbangan internasional terjadwal pada 17 Mei oleh Maskapai AirAsia dan penerbangan haji pada periode Juli-Agustus nanti.

Menhub menegaskan, bahwa setelah Idul Fitri secara bertahap akan dilakukan pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Kertajati Majalengka.

Pengalihan penerbangan tersebut mencakup seluruh pesawat jet dan propeler atau baling-baling. Tetapi dilakukan secara bertahap.

Untuk pesawat jet akan lebih dahulu dialihkan ke Bandara Kertajati, dan setahun kemudian giliran pesawat baling-baling.

BACA JUGA:Saat Ridwan Kamil Terpesona TOL CISUMDAWU: Di Belakang Saya Ada Gunung Ciremai

Menhub, Budi Karya Sumadi menjelaskan, telah menugaskan PT Angkasa Pura II untuk membantu memastikan kesiapan pelayanan Bandara Kertajati.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat," kata Menhub.

Disampaikan oleh Budi Karya, lokasi dari Bandara Kertajati sangat stragis dan dekat dengan Pelabuhan Patimban yang nantinya akan sebesar Pelabuhan Tanjung Priok.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, akan terus berupaya mengoptimalkan pengoperasian pesawat dari dan ke Bandara Kertajati setelah masa mudik lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: