DISISAKAN 2 Penerbangan Ini, Nasib Bandara Husein Sastranegara setelah Maskapai Pindah ke Kertajati

DISISAKAN 2 Penerbangan Ini, Nasib Bandara Husein Sastranegara setelah Maskapai Pindah ke Kertajati

Hanya disisakan 2 layanan penerbangan di Bandara Husein Sastranegara setelah seluruh rute pindah ke Bandara Kertajati Majalengka.-Husein Sastranegara/Ig-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan dipindah seluruhnya secara bertahap ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Untuk tahap pertama yang akan dimulai setelah Idul Fitri, adalah pemindahan penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein ke Kertajatati Majalengka.

Kemudian untuk tahun pertama, masih akan disisakan pesawat baling-baling atau propeler di bandara yang berlokasi di Kota Bandung itu.

Selepas itu, seluruh penerbangan akan dipindah ke Bandara Kertajati yang jauh lebih representatif dari sisi landasan, terminal penumpang, serta fasilitas lainnya.

BACA JUGA:TITIK KRUSIAL di Tol Cisumdawu Seksi 5A, Belum Tersambung 5 Hari Menjelang Dipakai Mudik

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjelaskan, nantinya Bandara Husein Bandung akan melayani penerbangan khusus pesawat VVIP dan private jet.

Bahkan, tidak sekadar memindahkan penerbangan. Bandara Kertajati juga akan dijadikan seperti Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang yakni sebagai hub penerbangan.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat," kata Menhub, saat konferensi pers di BIJB Kertajati.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaludin menjelaskan, pengalihan penerbangan tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

BACA JUGA:Kondisi Berkabut, TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6 Tidak Dioperasikan 24 Jam saat Mudik

Meski bila melihat kondisi di lapangan, Bandara Kertajati sudah sangat siap melayani penerbangan internasional maupun domestik.

Apalagi dengan adanya dukungan dari Tol Cisumdawu yang akan beroperasi secara penuh pada akhir Mei 2023 nanti.

Muhammad Awaludin menambahkan, pada dasarnya Bandara Kertajati sudah sangat siap untuk menjadi hub penerbangan. Sebab, kendala selama ini adalah belum tersambungnya Tol Cisumdawu.

"Tapi mulai 15 April sudah beroperasi meski beberapa ruas masih fungsional. Secara kesiapan sudah sangat siap, berkaitan infrastruktur dan penudukung lainnya mulai taxi way, runway," tandasnya, kepada radarmajalengka.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: