Kesempatan Kedua Bandara Kertajati Majalengka, Maskapai Segera Pindah dari Bandara Husein Sastranegara

Kesempatan Kedua Bandara Kertajati Majalengka, Maskapai Segera Pindah dari Bandara Husein Sastranegara

Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke Bandara Kertajati Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Ini bukan kali pertama penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara pindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten MAJALENGKA.

Pada Bulan Juli 2019, kebijakan tersebut pernah diterapkan. Seluruh pernabangan pesawat bermesin jet pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati.

Sejumlah penerbangan ke rute favorit seperti Bali, Pontianak, Medan, hingga Kalimantan pernah dilayani oleh bandara ini.

Bahkan, ada juga rute ke Lampung menggunakan pesawat ATR dan rute internasional yang dioperasikan Maskapai Malaysia Airlines.

BACA JUGA:Kondisi Berkabut, TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6 Tidak Dioperasikan 24 Jam saat Mudik

Sayangnya, satu per satu maskapai akhirnya kembali ke Bandara Husein Sastranegara. Salah satu faktor penyebabnya adalah penumpang yang sepi.

Kondisi ini, tidak lepas dari waktu tempuh dari Bandung ke Kertajati masih di atas 2 jam. Akhirnya bandara lain yang jadi alternatif seperti Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur dan Bandara Soekarno Hatta.

Meski lebih jauh dari bandung, tetapi 2 bandara tersebut memberi lebih banyak pilihan jadwal penerbangan, maskapai hingga angkutan shuttle yang lebih memadai.

Ditambah dengan hadirnya pandemi covid-19, akhirnya seluruh penerbangan domestik di BIJB Kertajati berhenti beroperasi.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 Hanya Beroperasi Sampai Pukul 3 Sore saat Mudik, Ini Alasannya

Kini, rencana untuk pemindahan rute dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati Majalengka kembali digaungkan.

Hal ini tidak lepas dari hampir tuntasnya pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu.

Dengan jarak kurang dari 62 kilometer dan waktu tempuh yang diperkirakan 1 jam saja, kawasan Bandung Raya dan Cirebon Raya akan terhubung dengan lebih cepat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pada tahap awal seluruh penerbangan pesawat bermesin jet akan dialihkan darai Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: