PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 Hanya Beroperasi Sampai Pukul 3 Sore saat Mudik, Ini Alasannya

PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 Hanya Beroperasi Sampai Pukul 3 Sore saat Mudik, Ini Alasannya

Tol Cisumdawu seksi 4 sampai 6 hanya akan beroperasi sampai pukul 15.00 WIB saat mudik lebaran 2023.-Korlantas Polri-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 4 sampai dengan 6 hanya akan beroperasi sampai pukul 15.00 WIB saat digunakan untuk mudik lebaran nanti.

Ada sejumlah pertimbangan mengapa ruas yang masih fungsional di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tidak dioperasikan selama 24 jam.

Salah satunya kemungkinan pertemuan kendaraan dari arah Jalan Tol Cisumdawu yang bertemu dengan lalu lintas di Tol Cipali pada malam hari.

Kemudian pada ruas tol tersebut seringkali muncul kabut pada sore hingga malam hari, sementara kondisi pembangunan belum sepenuhnya tuntas.

BACA JUGA:PERHATIAN! Saat Mudik TOL CISUMDAWU Hanya Beroperasi Sampai Jam 3 Sore

Kondisi-kondisi tersebut yang melatarbelakangi keputusan bahwa Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 4 sampai dengan 6 hanya akan beroperasi di siang hari sampai pukul 15.00 WIB.

Saat melakukan peninjauan ke lokasi proyek, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, keselamatan dan keamanan pemudik menjadi prioritas dan sangat diperhatikan.

Karenanya, meski sudah bisa digunakan untuk arus mudik, tetapi sebagian ruas dari Tol Cisumdawu yakni Seksi 4 di Cimalaka sampai dengan Seksi 6 di Kertajati Majalengka, dioperasikan tidak 24 jam.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub, saat meninjau lokasi.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki menjelaskan, untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

"Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: